Zona Kaya Cara Mudah Menjadi Kaya :: Cara Menjadi Kaya dan Cara Sukses Berbisnis

Home Tips Kaya Dan Sukses 5 Cara Sukses Usaha Ternak Ayam Potong dan Ayam Petelur

Usaha Ternak Ayam

Mau Tahu Cara Usaha Ternak Ayam yang Sukses dan Menguntungkan?

Usaha Ternak Ayam – Siapa yang tidak suka dengan daging dan telur ayam? Hampir setiap orang pasti doyan mengonsumsi  daging maupun telur ayam. Dengan nilai gizinya yang tinggi, serta kelezatan yang bisa dinikmati dari olahan daging dan telur ayam membuat masakan berbahan dasar ayam banyak peminatnya. Mulai dari jenis makanan tradisional hingga makanan internasional. Dan sajian fast food pun banyak menggunakan daging maupun telur ayam sebagai bahan utamanya. Hal ini membuat kebutuhan akan daging ayam potong maupun ayam petelur selalu tinggi, baik kebutuhan rumah tangga maupun kebutuhan untuk dijual. Dan, bagi orang yang jeli melihat kesempatan, hal ini bisa dijadikan peluang usaha yang sangat menjanjikan banyak keuntungan. Usaha Ternak Ayam memiliki prospek yang sangat bagus asalkan tahu cara sukses dalam mengembangkan budidaya dan marketingnya serta paham cara mennelola pelanggan.

Usaha Ternak AyamPeternak ayam bisa dijadikan salah satu usaha yang dilakukan untuk usaha sampingan ataupun sebagai pekerjaan utama. Kedua-duanya memiliki kesempatan mendapatkan hasil yang luar biasa. Banyak orang mencoba peruntungan untuk menjadi peternak ayam, namun tidak setiap orang bisa sukses menjadi peternak ayam yang mampu menghasilkan omset penjualan tinggi. Untuk itu, Anda wajib memiliki pengetahuan mengenai cara sukses usaha ternak ayam potong yang akan dijelaskan dalam artikel ini.

Baca juga: 8 Tips Menjadi Orang Sukses dengan Bisnis Rumahan

Berikut ini beberapa langkah atau cara sukses usaha ternak ayam potong maupun ayam petelur yang perlu Anda lakukan. Dengan memperhatikan beberapa hal di bawah ini, niscaya And akan menjadi seornag peternak ayam yang sukses.

1. Membuat kandang ayam yang ideal

Langkah pertama untuk memulai usaha ternak ayam adalah Anda perlu membuat kandang ayam yang ideal, bisa terbuat dari kayu, bambu, ataupun kawat; berupa panggung satu tingkat atau beberapa tingkat. Pastikan kandang ayam yang Anda buat tersebut memiliki tingkat perncahayaan yang cukup, mendapatkan pencahayaan dari matahari dan sirkulasi udara yang baik. Selain itu, Anda juga perlu mengatur suhu ruangan agar tetap hangat agar ayam potong selalu sehat. Dalam membuat kandang ini, bagi peternak ayam petelur, Anda juga perlu memperhatikan bentuk akndang agar bisa lebih mudah dalam mengambil telur yang dihasilkan ayam.

2. Perhatikan sumber daya listrik dan air

Langkah kedua dalam memulai usaha ternak ayam adalah dengan memastikan kandang ayam Anda mendapatkan sumber daya listrik dan air yang baik. Sumber listrik ini dibutuhkan untuk lampu penerangan ataupun untuk menghangatkan ayam, sedangkan air digunakan untuk menyediakan minum ataupun membersihkan kandang ayam.

Baca juga: Merintis Usaha Baru Sukses & Menguntungkan Beserta Doa Penyertanya

3. Pasang peralatan

Jika kandang sudah siap pakai maka langkah selanjutnya memulai usaha ternak ayam adalah dengan memasang peralatan pada kandang. Seperti penghangat, sekat, dan juga litter. Selain itu, Anda juga perlu memasang peralatan berupa tempat makan dan minum untuk ayam.

4. Persiapan bibit ayam

Langkah berikutnya dalam menjalankan usaha ternak ayam adalah dengan menyiapkan bibit ayam yang sehat dan gemuk. Baik peternak ayam petelur maupun potong, sebaiknya memilih bibit ayam yang berasal dari jenis ayam yang bagus. Sehingga tahan penyakit, produktif, normal perkembangan dan pertumbuhannya.

Baca juga: 5 Cara Cepat Memulai Usaha Baru dari Nol Hingga Sukses

5. Perhatikan pertumbuhan ayam

Untuk menjalankan usaha ternak ayam potong, sangat penting untuk memberikan perhatian esktra 14 hari pertama untuk kesuksesan Anda. Pastikan ayam Anda tidak kedinginan dengan memberikan suhu yang hangat. Selain itu, jangan lupa untuk memberikan vaksin pada hari ke-7, ke-14, dan ke-21 pada ayam Anda. Di sampin vaksin, Anda juga perlu memberikan antibiotik dan vitamin pada ayam minuman hari ke-5 hingga ke-10 juga jelang panen tiba.

Baca juga: 6 Cara Agar Usaha Sukses dengan Cepat dan Terus Berkembang

Demikian beberapa cara sukses usaha ternak ayam potong yang dapat Anda lakukan. Jika Anda sudah melakukan semua cara di atas, namun usaha ternak ayam Anda bangkrut ataupun berhenti di tengah jalan maka sebaiknya Anda segera meningkatkan kemampuan dan potensi dalam berbisnis usaha ternak ayam potong ini dengan mengikuti Pelatihan Zona Kaya di Bioenergi Center yang akan membantu Anda dalam menemukan solusi atas setiap masalah bisnus usaha ternak ayam yang sednag Anda kelola. Dengan begitu, usaha ternak ayam Anda akan mudah mencapai kesuksesan sehingga akan membuat hidup Anda menjadi lebih tenang dan bahagia.

Baca juga: Cara Menjadi Pengusaha Sukses dan Kaya Zona Kaya

Bagikan:

ARTIKEL TERBARU

Afirmasi magnet uang

Mau tahu cara menyampaikan doa dan afirmasi magnet uang ? Afirmasi magnet uang - Doa merupakan cara berkomunikasi manusia dengan Allah. Dalam ajaran agama Islam, Allah memerintahkan umatnya untuk berdoa. Karena Allah sendiri sudah berjanji akan mengabulkan doa hamba-Nya, seperti yang tampak dalam...