Cara Memulai Bisnis Baru

Ingin Tahu Cara Memulai Bisnis Baru? Bersihkan  Pikiran Negatif Anda!

Cara Kaya & Cara Sukses Berbisnis Dengan Memasuki Zona Kaya

Cara Memulai Bisnis Baru – Untuk Menjadi seorang pebisnis memang tak bisa dibilang mudah. Begitupun untuk memulai sebuah bisnis yang baru. Untuk menjadi pebisnis baru yang sukses, diperlukan mental kuat, perencanaan yang matang dan  strategi yang jitu untuk mulai merintis sebuah bisnis. Kesiapan dari segi mental, emosional, modal, juga pengetahuan bisnis sangat penting adanya. Banyak orang mengatakan bahwa orang yang paling kuat sekalipun belum tentu bisa menjadi pebisnisnis sukses apabila tidak paham kunci sukses dalam bisnis dan cara memulai bisnis baru dengan benar.

Kenyataannya ada beberapa faktor penting yang mempengaruhi kesuksesan seorang pebisnis. Tak hanya diperlukan ketekunan dan kerja keras, tapi juga kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja ikhlas.semua itu merupakan perpaduan kemampuan konsistentsi serta menajemen diri. Sehingga semua harapan hanya bisa terwujud jika Anda menyukai apa yang Anda kerjakan. Dalam artian, Anda melakukan segala sesuatu untuk bisnis Anda sesuai passion dan selalu berani menantang diri sendiri.

Satu hal lagi yang sangat berpengaruh  dalam menemukan cara memulai bisnis baru yang sukses adalah keberadaan pikiran negatif. Pikiran negatif ini disadari atau tidak keberadaannya akan sangat berpengaruh bagi Anda dalam membuka bisnis baru. Bahkan ketika bisnis sudah berjalan dan pada saat-saat Anda harus mengambil keputusan dalam bisnis tersebut. Pikiran negatif dapat mempengaruhi hati dan pikiran dan mengakibatkan keraguan, rasa takut, was-was, cemas, tidak percaya diri dalam mengambil keputusan dan hal negatif lainnya. Dan apabila dibiarkan akan mampu mengalirkan energi negatif yang menghambat kesuksesan bisnis yang baru Anda buka.

Kenali Potensi, Keterbatasan dan Sinergikan dengan Target Bisnis Anda!

Sadarilah dengan sepenuh hati bahwa Anda memiliki potensi yang sangat bisa dikembangkan untuk meraih kesuksesan. Begitupun dalam perihal bisnis, Anda harus paham potensi diri Anda yang menyangkut kemampuan Anda yang sekaligus merupakan power yang Anda unggulkan untuk bisa meraih kesuksesan dalam bisnis. Bisa berupa kekayaan ide, kemampuan menghasilkan karya yang bernilai atau ketrampilan yang menghasilkan solusi masalah dari bisnis yang Anda bangun.

Ketahui juga segala batasan yang Anda miliki, namun  bukan berarti Anda harus pasrah pada keadaan. Namun dengan mengenali keterbatasan diri akan sangat penting untuk  melakukan ekspansi. Artinya, seorang pebisnis harus bisa beranikan diri mengambil risiko dengan mengubah keterbatasan itu menjadi potensi sukses yang baru tergali.

Jadikan pula keterbatasan sebagai tantangan dan usahakan untuk menaklukkan tantangan itu! Karena dibalik setiap tantangan selalu ada peluang. Sehingga Anda mampu mengatasi rasa cemas dan ragu dan setidaknya  mengurangi rasa takut dan mulai mencoba belajar. Jika pun belum berhasil,Anda tetap bersemangat untuk bisa mencoba lagi dengan cara yang berbeda dan lebih baik.

*******

Selanjutnya cobalah untuk melakukan visualisasi atas target bisnis yang Anda tetapkan. Awali setiap aktivitas dengan hati dan pikiran bersih, berdoa dan optimisme tinggi bahwa Anda akan melakukan sesuatu yang sangat berarti dalam hidup Anda. Siapkan mindset sukses dengan selalu memenuhi pikiran dengan hal yang terindah dan terbaik dari pencapaian Anda setiap hari. Visualisasi ini tentu berbeda dengan mengkhayal. Berkhayal hanya tertuju pada imajinasi yang liar tanpa arah. Sedangkan visualisasi, artinya Anda membayangkan sesuai struktur dan strategi. Dan bayangkan semua itu berhasil dengan sukses.

Menurut banyak studi, visualisasi akan membuat orang jadi lebih reaktif karena cara itu mengaktifkan alam bawah sadar. Sehingga memvisualisasikan bisnis yang sukses akan membuat Anda mendapat kendali dan kekuatan diri untuk mengambil putusan dan tindakan yang terberat sekalipun demi terwujudnya harapan sesuai target yang Anda tetapkan.

Cara Memulai Bisnis Baru dengan Kerangka Berpikir Entrepreneur

Cara Memulai Bisnis Baru

Setiap pebisnis harus siap menghadapi tantangan yang lebih besar dan berlipat ganda ketimbang pegawai biasa. Bisnis yang berlangsung memerlukan perhitungan laba dan rugi yang menyeluruh serta strategi marketing yang andal. Strategi inilah yang penting harus dimiliki dan bahkan bisa tidak memilikinya Anda harus Belajar atau mengikuti Pelatihan Bisnis. Pelatihan yang didalamnya mengajarkan berbagai strategi dan solusi.  Apalagi jika Kamu berencana hendak mempekerjakan pegawai.

Artinya, harus ada rencana dan konsep, ide tertentu dan kerangka pikir entrepreneurship yang harus Anda kuasai terlebih dahulu. Sebagai bekal untuk memulai bisnis sukses Anda. Kenyataannya, tidak semua orang diberkahi dengan bakat dan perspektif entrepreneur sejak lahir. Meski begitu, banyak orang yang bercita-cita menjadi pebisnis sukses sesegera mungkin. Memang tak ada hal yang mustahil jika diusahakan. Dan disertai dengan strategi tepat, pengetahuan cukup kemampuan diri yang handal dan memiliki kualitas energi serta kualitas diri yang baik.

Sebagai langkah pertama dan terpenting, yakinkan diri Anda untuk memulai bisnis.Kemudian, lakukan juga introspeksi dan evaluasi diri guna menyingkirkan beberapa pola pikir negatif yang tak berfaedah bagi terwujudnya harapan. Anda tentu tak mau memelihara pemikiran yang tak memberdayakan diri.Apalagi pikiran negatif yang hanya akan menghambat tercapaianya harapan Anda dalam bisnis.  Ada beberapa bentuk pemikiran yang merupakan energi negatif dalam bisnis  yang memang perlu dibuang dan dibersihkan. Agar Anda bisa lebih siap lagi memulai bisnis. Pemikiran negatif yang harus di bersihkan meliputi:

1. Tidak Paham Benar Mengenai Kas Usaha

Dalam Bisnis Masalah finansial menjadi hal mendasar yang wajib di pahami seorang pebisnis. Bagaimana bisa mengelola bisnis dengan apabila tidak tahu kas usaha yang berkaitan dengan sirkulasi kas dan siklus keuangan di dalamnya. Hal pertama yang perlu diasah, dikembangkan dan dipahami adalah manajemen kas dari bisnis Anda maupun kondisi finansial Anda. Anda tentu tak mau bisnis Anda mengalami bangkrut, apalagi dalam waktu singkat. Sebaliknya, tekunlah dalam proses dan usahakan untuk mencapai target bisnis satu per satu.

Selain itu saat Anda memutuskan untuk membuka bisnis, tentu Anda juga telah punya rencana yang matang. Tidak hanya strategi bisnisnya saja, tapi juga dalam perencanaan keuangan harus matang. Kondisi finansial bisnis yang teratur dan dikelola dengan baik bisa membuat keuangan Anda tetap aman. Sehingga diharapkan bisnis bisa berkembang maju dan menguntungkan.

Milikilah laporan keuangan yang akurat dan jelas serta acuntable, terutama yang berkenaan dengan arus kasbisnis, pemodalan, hutang piutang dan laba rugi. Laporan keuangan ini akan sangat bermanfaat menjaga kesehatan bisnis Anda dan pada saat Anda harus mengambil keputusan penting dalam bisnis Anda. Bahkan jika hanya berupa rencana keuangan yang paling sederhana sekalipun akan sangat membantu merinci arus kas bisnis Anda. Sehingga kondisi keuangan bisnis yang sedang dijalankan pun senantiasa aman terkontrol dan mencerminkan kondisi bisnis yang sesungguhnya.

*******

Menurut berbagai studi, kebanyakan bisnis yang gagal disebabkan oleh pengelolaan arus kas keuangan yang buruk. Maka dari itu, kelola arus kas dengan baik agar bisnis terus bertahan dan berkembang secara signifikan. Pengelolaan keuangan juga harus melibatkan semua sumberdaya yang ada, termasuk melibatkan SDM keuangan yang profesional.

Anda juga harus bisa memastikan prosedur keluar masuknya uang kas selalu terkontrol dan dalam kendali orang yang Tepat. Jika Anda bisa melakukannya sendiri Akan lebih baik. Atau Anda bisa menggunakan software keuangan yang memberikan kemudahan Anda mengendalikan keuangan bisnis Anda

2. Gegabah Tanpa Perencanaan Matang

 

Cara Memulai Bisnis Baru

Sebuah Perencanaan dalam berbisnis ibarat sebuah peta dan kompas bagi arah perkembangan usaha yang sedang dijalankan. Bisnis yang dijalankan sangat mungkin untuk menghasilkan income besar jika rencana berjalan dengan lancar. Bahkan jika bisnis yang Kamu jalankan itu merupakan bentuk usaha yang paling kuno sekalipun. Perencanaan merupakan panduan yang bisa menjadi tolok ukur pencapaian target bisnis. Sehingga perencanaan bisnis yang matang merupakan modal tambahan yang bukan dalam bentuk finansial, namun memiliki peran yang sangat penting dalam bisnis.

Sebaiknya sebelum terjun memulai bisnis, mulailah membentuk berbagai perencanaan. Baik itu untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Hal ini jelas bertujuan untuk menyelamatkan Anda dari kerugian yang bisa saja terjadi. Selain itu, balik modal bisa segera tercapai dengan perencanaan yang tepat, taktis dan matang. Yang dibarengi dengan strategi dan marketing yang handal.

Perencanaan memang tidak menjamin sebuah bisnis bisa untung besar dan berjalan lancar. Namun perlu diingat bahwa bisnis yang dijalankan sesuai rencana saja masih bisa merugi. Apalagi jika tindakan Anda gegabah dan tidak dibarengi dengan rencana pasti. Maka bisnis Anda akan mudah kehilangan arah dan tidak bisa mencapai target terukur.

3. Masih Takut Merugi

Bisnis dibangun dengan landasan mental dan tekad yang kuat. Jadi jika Anda masih takut merugi, kemungkinan besarnya Anda hanya akan jadi tak berani mengambil risiko. Padahal, bisa dikatakan bahwa berbisnis itu penuh dengan tantangan dan risiko yang tak pelak harus diambil. Dan dalam bahasa ekonomi keuntungan berbanding lurus dengan resiko.

Memang siapapun yang membuka bisnis tidak ingin merugi. Namun sebuah bisnis selalu akan ada pasang surutnya. Namun jika Anda mampu mengelola bisnis dengan bijak, bisa mengelola keuangan dengan baik termasuk mempersiapkan cadangan modal dari keuntungan yang Anda miliki, Maka Anda akan bisa menutup resiko kerugian yang mungkin timbul saat bisnis berjalan. Yang terpenting Anda juga mampu memenej resiko, atau bahkan bisa mengubah resiko menjadi peluang bisnis yang lebih menjanjikan. Setidaknya di balik tantangan atau resiko dan kegagalan pasti ada hikmah dan peluang.

4. Tak Mampu Mengelola Pikiran Negatif

Siapapun tahu bahwa pikiran yang positif bagaimanapun akan lebih bermanfaat ketimbang pikiran negatif. Keputusan dan tindakan yang positif hanya akan didapatkan dari pemikiran yang juga positif, bukan sebaliknya. Jadi buanglah segala macam pemikiran negatif dan bersihkan energi negatif Anda. Energi negatif hanya akan menghambat potensi kesuksesan dalam bisnis. Apalagi jika pemikiran-pemikiran tersebut hanya menghalangimu dari kesuksesan dan menghalangi dirimu sendiri.

Perlu diingat bahwa waspada dan berhati-hati berbeda dengan berburuk sangka. Bersikap optimis dan tidak menyalahkan situasi saat bisnis Anda tertunda kesuksesannya tentu tidak mudah.  Anda harus Tetap semangat dan miliki pola pikir bahwa kegagalan adalah sukses yang tertunda. Jadikan kegagalan atau penundaan kesuksesanmu sebagai batu loncatan menggapai kesuksesan.

Dan ini pun termasuk dari bagaimana cara Anda memandang situasi. Misal, saat Kamu dihadapkan dengan berbagai kondisi yang terasa kurang mendukung atau bersahabat seperti kurangnya modal usaha, belum ada investor hingga tidak tersedianya partner yang ideal untuk merintis usaha bersama. Bahkan jika semua ini sudah terpenuhi, pebisnis yang berpikir negatif bisa saja terus mengeluhkan hal-hal lain. Mengeluh merupakan bentuk energi negatif yang mampu mematikan kreatifitas dan menumbuhkan kemalasan.

*******

Untuk menangani bentuk pikiran negatif dan energi negatif ini bisa dilakukan dengan Pembersihan energi negatif. Seperti program Bioenergi Healing dari Bioenergi Center.

Dalam hal ini setelah energi negatif termasuk pikiran negatif dibersihkan Anda akan  memiliki mental yang kuat dan kesiapan sebagai seorang entrepreneur. Sebisa mungkin syukurilah apa yang saat ini ada di depan Anda. Karena biasanya, pebisnis yang kerap berpikir negatif hanya akan mengeluhkan ini dan itu seolah semuanya tak pernah cukup. Dan apabila ini yang terjadi maka bisnis yang berjalan lancar pun akan teraliri pikiran negatif. Dan apabila pikiran negatif ini terus menerus mengalirkan energi negatif maka akan menghalangi kesuksesan bisnis Anda.

Sebaliknya dengan berpikir positif, maka Anda bisa melihat celah keberuntungan. Dan melihat segala sesuatu dari sisi positif dan bahkan mampu mengubah kegagalan menjadi kesuksesan.   Saat masalah bisnis datang, Anda bisa memilih dua hal: mengeluh atau mencari solusi. Atau apapun yang sekiranya bisa membantu Anda keluar dari masalah itu.

5. Ingin Cepat Untung

Cara Memulai Bisnis Baru

Setiap pebisnis tentu memulai bisnisnya dengan harapan mendapatkan keuntungan besar dan terhindarkan dari segala macam kerugian. Meski begitu, dalam bisnis membutuhkan proses dan waktu dalam perputarannya. Ibarat orang yang hendak makan mie instan pun membutuhkan sejumlah langkah tertentu sampai bisa menikmati mie instan yang sesuai seleranya .

Ini berarti, apapun produk/jasa yang Anda bisniskan, belum tentu keuntungannya bisa datang secepat kilat. Terkecuali dalam hal seperti investasi saham, forex atau investasi lainnya. Itu pun masih ada risiko yang mengintai di baliknya.

Anda justru bisa mencederai harapan Anda sendiri jika berekspektasi keuntungan akan datang secepat kilat dengan instan. Sebaliknya, daripada Anda justru merasa tertekan dalam menjalani bisnis, nikmatilah setiap prosesnya dan yakinkan diri semuanya kelak berbuah manis. Semua pasti bisa berkembang dan sukses seperti yang Anda harapkan selama Anda tidak memotong prosesnya.

Takubahnya seperti menantikan janin di dalam kandungan. Dibutuhkan waktu 9 bulan lamanya agar janin tersebut terlahir sebagai sesosok bayi mungil dan lucu. Apa yang terjadi jika ia lahir sebelum waktunya? Ya, ia akan prematur. Demikian juga dengan bisnis Anda. Bersabarlah dalam menekuni setiap prosesnya.

6. Membatasi Modal

Modal dalam bisnis sangat banyak ragamnya, selain modal finansial, ada juga modal ilmu bisnis, ketrampilan mencipta, skill bisnis dan juga mental yang kuat dan konsistensi. Jika Anda sampai membatasi modal alias bootstrap berarti  Anda menjalankan usaha dan mendanainya seorang diri. Artinya, tak hanya modalnya saja yang terbatas, tapi juga SDM dan lain-lainnya. sudah tentu cara ini hanya akan menjadi hambatan dari perkembangan bisnis Anda  dikemudian hari.

Lakukan peninjauan ulang dan telaah kembali. Jika momentumnya sudah tiba, tak ada salahnya mengupayakan pinjaman modal untuk mengembangkan usahamu. Bahkan malahan, bantuan modal akan datang dengan sendirinya di waktu yang tepat. Dengan begitu, usaha yang sedang Anda rintis ini bisa semakin berkembang pesat.

7. Tidak Melakukan Riset

Berbagai riset di lapangan, termasuk pangsa pasar maupun calon pelanggan atau konsumen perlu dilakukan guna mengetahui medan perang seperti apa yang akan dihadapi oleh bisnis Anda ini. Hal ini perlu diketahui agar bisnis Anda laris manis dan sukses telak di kemudian hari. Jangan malas untuk melakukan riset dan survey, mulai dari melakukan penjelajahan di internet maupun terjun langsung ke lapangan. Kamu juga akan ingin mengecek sejumlah pesaing yang ada di dekat Anda.

Karena terkadang, Anda bisa belajar banyak dari para kompetitor. Perhatikan apa saja kelemahan dan kekuatan mereka. Lalu bandingkan dengan kelemahan dan kekuatan dari bisnis Anda sendiri. Dengan begitu, bisnis Anda akan tetap unggul dan selalu terdepan.

*******

Setelah Anda paham berbagai hal yang bisa menghalangi Anda untuk menjadi pebisnis sukses dan mampu mengubahnya menjadi sesuatu yang positif. Termasuk menghilangkan pikiran-pikiran negatif yang berkaitan langsung dengan bisnis Anda. Ini Berarti Anda sudah memiliki modal sukses yang luar biasa. Selanjutnya Anda hanya perlu untuk meningkatkan kualitas energi Anda. Dimana orang yang memiliki kualitas energi yang tinggi akan lebih bisa meningkatkan potensi dirinya serta melejitkan kesuksesannya.

Sebuah bisnis memerlukan komunikasi atau berhubungan dengan banyak orang. Punya kemampuan untuk melakukan presentasi dan negosiasi. Apalagi Anda yang ingin menemukan cara memulai bisnis baru, peningkatan kualitas energi sangat diperlukan. Untuk mempercepat peningkatan kualitas energi Anda bisa mencapainya dengan Bioenergi Adjustment.

Untuk mendapatkan Bioenergi Adjustment Anda bisa mengikuti program pelatihan. Seperti pelatihan bisnis Zona Kaya, Atau pelatihan Quantum Bioenergi. Melalui pelatihan Bioenergi tersebut Anda bahkan bisa mendapatkan cara memulai bisnis baru yang berbeda. Yang tidak hanya dengan pendekatan teknis semata, namun juga melalui pendekatan spiritual serta pendekatan energi. Sehingga  Anda tidak hanya mendapatkan ilmu bisnis, strategi dan solusi, namun juga cara-cara khusus yang tidak diajarkan di tempat lain.

Bagikan:

Leave a Comment