Kunci Sukses Bisnis Kuliner

Kunci Sukses Bisnis Kuliner Jaman Now “Langsung Bisa Dipraktekkan”

Cara Kaya & Cara Sukses Berbisnis Dengan Memasuki Zona Kaya

Kunci sukses bisnis kuliner – Tidak banyak yang tahu bahwa dalam sebuah bisnis kuliner disamping melibatkan strategi juga ada seni serta spiritualitas yang sangat kental. Memang saat ini usaha kuliner menjadi bisnis yang seolah gak ada matinya. Namun persaingan dalam bisnis kuliner ini juga sangat ketat. Trand kuliner kekinian bahkan ketika kemudian dikemas bersama bisnis wisata membuat keberagaman bisnis ini menjadi kian semarak. Meski begitu peluang sukses di bisnis kuliner tetap sangat menjanjikan asalkan Anda yang ingin terjun didalamnya paham kunci sukses bisnis kuliner jaman now dan selaras dengan perkembangan kuliner milenial ini.

Beberapa waktu yang lalu bisnis kuliner tradisional banyak digemari dan menjanjikan potensi keuntungan yang menjanjikan. Hal ini membuat bisnis kuliner tradisional yang sudah berjalan turun temurun dengan resep yang mengandalkan cita rasa warisan leluhur sangat di cari. Namun digitalisasi di era milenial ini sedikit banyak menggeser trend bisnis kuliner tradisional menjadi lebih condong pada trand kuliner berbasis kepraktisan. Sehingga mendorong munculnya bisnis kuliner online. Dan kenyataannya lebih eksis di bandingkan bisnis kuliner tempatan.Dalam hal ini ada pergeseran seni berkuliner yang perlu mendapat perhatian pelaku bisnis ini.

Namun ceritanya akan berbeda ketika bisnis kuliner tradisonal juga bisa mengikuti trend dan sistem marketing online. Justru kuliner berbasis online mampu mengangkat berbagai jenis kuliner tradisional menjadi ikon daerah yang sangat menarik. Dan dalam perkembangannya ketika bisa bersinergi dengan bidang pariwisata, usaha kuliner di Indonesia jadi semakin berwarna. Apalagi didukung dirilisnya berbagai makanan khas indonesia yang mendunia. Bahkan banyak makanan yang dinobatkan menjadi makanan terlezat di dunia menjadikan bisnis kuliner semakin berkembang. Meski ada tuntutan harus mampu melakukan inovasi-inovasi. Baik dari sisi  menu, kemasan, cita rasa, penyajian, kepraktisan, ketersediaan dengan cepat dan berbagai service yang kekinian.

Apa saja Kunci Sukses Bisnis Kuliner Jaman Now?

Kunci Sukses Bisnis Kuliner

Kunci sukses bisnis kuliner jaman now sesungguhnya tidak jauh beda dengan cara sukses bisnis kuliner dengan sistem tradisional. Karena semua jenis kuliner sesungguhnya ada penikmatnya, ada penggemarnya dan ada tempatnya di hati pelanggannya. Baik fast Food, Traditional Food, West Food semua memiliki pasar tersendiri. Hal ini karena cita rasa, kegemaran, budaya, cara pandang setiap orang mengenai makanan berbeda-beda. Ini justru yang semakin memperkaya khasanah kuliner nasional. Yang terpenting para pelaku bisnis kuliner bisa paham bagaimana cara agar bisnis menguntungkan, terus berjalan & berkembang serta langgeng tidak jadi bisnis musiman.

Berikut ini kunci sukses bisnis kuliner yang bisa Anda praktekkan agar bisnis tetap eksis dan menjadi jalan Anda meraih kesuksesan dan kekayaan:

1. Memiliki keunikan

Dalam bisnis kuliner keunikan atau ciri khas dari bisnis Anda menjadi hal yang sangat penting. Keunikan ini menjadi tanda yang membedakan bisnis Anda dengan bisnis orang lain. Dan hal ini menjadi daya tarik tersendiri. Apabila sebuah usaha kuliner mampu dengan konsisten mempertahankan ciri khasnya dalam waktu yang lama, pastinya akan menambah pelanggan dengan mudah.

Adapun keunikan itu bisa berupa:

    Keunikan menu

Keunikan menu biasanya dengan kepemilikan menu khusus yang spesifik dan jarang di temukan di tempat lain. Misalnya Anda menjual ayam goreng, namun berbeda dengan ayam goreng lainnya. Yaitu ayam goreng kampung tulang tulang lunak bumbu rujak.  Keunikannya yaitu bahan dasar ayam yang di goreng adalah ayam kampung yang sudah dipresto dan bumbu rujaknya.

    Keunikan Penyajian

Keunikan penyajian bisa di buat dengan kemasan pada makanannya, unik wadahnya, penataan menunya, atau Anda membuat sendiri cara makannya, sehingga pelanggan menikmati sesuatu yang tidak didapatkan dari tempat lain.

    Keunikan layanan

Keunikan layanan bisa Anda berikan dalam bentuk cara melayani yang berbeda, misalnya dengan mengijinkan pembeli memilih atau mengambil sendiri bahan mentah sendiri yang akan Anda masak sehingga makanan yang dibelinya adalah benar- benar pilihannya.

2. Mengutamakan Kualitas Rasa

Dalam bisnis kuliner kualitas rasa masakan menjadi bagian teramat penting dan salah satu kunci sukses usaha kuliner dari produk makanan yang Anda jual. Untuk itu Anda harus tahu selera kebanyakan orang yang datang dan membeli makanan Anda. Bila perlu Anda memberikan lembaran khusus kepada pelanggan sebelum dia memesan makanan, mengenai rasa yang ingin didapatnya. Biasanya tingkat keasianan, kemanisan, kepedasan akan mempengaruhi kepuasan pelanggan dalam hal rasa makanan.

Dalam hal ini pelaku bisnis kuliner harus memahami segmen yang ada, namun bila ingin lebih unggul dalam mendapatkan pelanggan masalah pemahaman rasa berdasarkan kebiasaan, lokasi, iklim, harus pula menjadi pertimbangan. Secara umum orang jawa menyukai makanan dengan rasa sedikit manis, orang sumatra menyukai asin, dan orang kalimantan menyukai rasa lebih pedas. Nah dengan pemahaman selera kedaerahan akan membuat Anda bijak dalam mengolah rasa masakan yang Anda jual sehingga mampu memberikan kepuasan pada pelanggan Anda.

3. Kebersihan Lokasi Usaha Harus Diutamakan

Kebersihan dan kenyamanan tempat kuliner yang Anda miliki juga memiliki arti tersendiri bagi pelanggan. Bahkan saat ini kecenderungan orang-orang yang ingin menemui kolega atau mitra bisnis datang ke tempat makan. Namun yang menjadi tujuan utama mereka sebenarnya bukan semata makanan yang disajikan namun tempat yang bersih dan nyaman.

Kebersihan peralatan makan, tempat display makanan, tempat duduk, meja, bahkan perlengkapan kecil seperti tempat kecap. Saos, merica dan tempat tusuk gigi juga menjadi penilaian pelanggan. Selain itu kebersihan dari orang-orang yang melayani, keramahan dan ketangkasan mereka dalam memberikan pelayanan juga menjadi point tersendiri. Apalagi disamping tempat yang bersih dan nyaman Anda juga mempersembahkan keindahan maka secara otomatis akan memberikan nilai lebih bagi pelanggan Anda.

4. Pengaturan Manajemen yang baik

Kunci Sukses Bisnis Kuliner

Kunci sukses usaha kuliner secara intern yang harus menjadi perhatian adalah manajement yang baik. Tanpa manajement yang baik, bisnis sebesar apapun bisa kacau. Apalagi bisnis kuliner ini tidak hanya berkaitan dengan produk tetapi juga pelayanan, sehingga semua yang ada dalam lingkup usaha harus terencana, terkonrol, tersruktur dan terpadu.

Dengan manajement yang baik juga akan memberikan kemudahan bagi pihak-pihak yang berkepentingan dengan bisnis kuliner Anda. Bagi pemilik modal, bagi pengelola, bagi pekerja, juga bagi para steak holder yang berkaitan dengan bisnis kuliner Anda.

5. Pengelolaan Keuangan Usaha Terukur

Tidak jauh beda dengan pengelolaan bisnis lainnya, Dalam bisnis kuliner manajement keuangan yang terkelola dengan baik juga sangat diperlukan. Meski Usaha Anda belum besar dan baru bertumbuh, siklus keuangan harus lancar, perhitungan untung rugi harus jelas, pengalokasian arus kas harus tepat sehingga perputaran uang terkontrol dengan baik. Keteraturan dalam hal keuangan juga memudahkan pemilik usaha dalam mengambil keputusan. Baik dalam merencanakan perkembangan usahanya, menetapkan targetnya ataupun pengelolaan sumberdaya yang ada.

6. Memiliki Fokus Usaha yang jelas

Fokus usaha yang jelas pada usaha kuliner adalah berupa target pencapaian yang terukur. Hal ini juga bisa dihubungkan dengan keunikan dari jenis kuliner yang menjadi obyek usaha. Misalnya bidang kuliner yang digeluti fokusnya  pada penjualan kue basah atau jajanan pasar, resto ayam goreng, Bebakaran, warung bakso & Mie Ayam, Kedai minuman, dan sebagainya. Fokus pada bidang tertentu akan berpengaruh pada profesionalitas. Apabila profesionalitas ini di aplikasikan dalam bisnis kuliner maka akan melahirkan ahli makanan tertentu.

7. Pengelolaan bahan baku yang Baik

Bahan baku dari bisnis kuliner adalah bahan makanan yang akan di kelola. Untuk menjamin hasil masakan atau produk kuliner yang dihasilkan bisa terjamin kualitasnya dan ketersediaannya maka sangat terkait dengan pihak lain. Seperti suplier atau distributor bahan pokok.

Kecuali hasil olahan dari kuliner yang di jual dengan bahan baku yang di hasilkan sendiri maka hal ini akan menjadi lain. Dan tentu saja akan sangat lebih menguntungkan karena pasti akan sangat menjamin ketersediaan dan juga kualitasnya terkontrol.

Namun jika bahan baku yang Anda pakai untuk diolah dalam bisnis kuliner Anda Anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini:

    Perhatikan Suplier

Suplier yang Anda ajak kerja sama dalam mensuplay bahan baku yang Anda olah harus terpercaya. Karena itu Anda harus bisa menjalin kerjasama dengan baik, dan Anda harus memastikan suplier bisa dipercaya. Sehingga Anda tidak akan mengalami masalah dalam menjalankan usaha Anda. Paling tidak suplier yang baik bisa menjamin keberadaan bahan masakan atau bahan makanan yang akan Anda oleh  selalu ada tepat waktu, berkualitas sesuai standar Anda, dalam jumlah yang cukup dan harga yang sesuai.

Sehingga usaha kuliner bisa berjalan lancar dan konsisten, sesuai dengan apa yang Anda harapkan dan memberikan keuntungan dan kemudahan dalam berbisnis.

    Kualitas bahan baku

Anda yang memiliki fokus khusus dalam usaha kuliner, harus tahu standar baku mengenai bahan baku yang Anda olah. Karena tanpa standar yang baku kualitas menu masakan atau makanan yang Anda hasilkan bisa jadi tidak standar.

Sebagai contoh, Anda yang akan fokus pada penjualan ayam goreng, harus tahu standar kualitas daging yang akan Anda  olah. Misalnya umur ayam /usia ayam berapa hari, berat ayamnya berapa, kesanggupan suplier memasok berapa dan sebagainya. Dengan memperhatikan kualitas bahan baku dan memiliki standar kualitas bahan baku maka Anda juga akan mendapat hasil olahan makan yang sesuai standar.

    Ketersediaan bahan baku

Ketersediaan bahan baku juga harus menjadi hal sangat perlu untuk dipertimbangkan. Karena apabila ketersediaan bahan baku tidak terjamin maka akan mengganggu produksi Anda yang tentu saja berpengaruh pada pasar Anda. Karena sebagai pelaku bisnis kuliner Anda harus paham permintaan pasar baik dari sisi kualitas ataupun kuantitas. Jadi kalau ketersediaan bahan baku tidak jelas maka akan menyulitkan Anda dalam memenuhi permintaan pasar atau pelanggan Anda.

8. Memiliki ijin Usaha

Ijin usaha dalam bisnis kuliner sebaiknya mendapat perhatian khusus dan menjadi kunci sukses usaha kuliner dari sisi yang berbeda. Karena ijin usaha sebagai legalitas memberikan Anda jaminan perlindungan bagi usaha Anda. Memang dengan ijin yang Anda ajukan membawa konsekuensi bahwa Anda harus taat aturan dalam pelaporan usaha. Karena terkait dengan pajak dan juga ketentuan perdagangan yang lain. Bahkan untuk usaha makanan dalam bidang makanan olahan kemasan biasanya harus ada merek dagang dan uji kualitas makanan yang juga harus mendapat ijin badan Pengawas Obat dan makanan (POM).

Sisi baiknya apabila Anda memiliki ijin usaha dan ijin – ijin yang terkait, Anda lebih unggul dalam persaingan. Orang yang ingin meniru produk kuliner Anda akan berpikir dua kali, dan konsumen akan merasa aman apabila makanan yang mereka beli ada ijin dan label yang jelas.

9. Hindari Peran Ganda dalam pengelolaan SDM

Bagi usaha kuliner yang sudah berkembang, sebaiknya menghindari peran ganda dalam pengelolaan SDM. Misalnya koki hanya masak saja dan tidak perlu terlibat dalam melayani pembeli secara langsung. Dalam menghidangkan menu ke pembeli sebaiknya dilakukan oleh orang yang berbeda. Sehingga koki tidak kehilangan fokus. Begitupun dengan SDM yang lain, semuanya harus melakukan pekerjaan yang terfokus. Dengan begitu tidak ada benturan dalam hal tanggung jawab dan juga hak serta kewajiban.

10. Kunci Sukses Usaha Kuliner yang terpenting adalah  Pemasaran yang Baik

Kunci Sukses Bisnis Kuliner

Pemasaran yang baik dalam bisnis kuliner berkaitan dengan terlayaninya permintaan pelanggan dan tersedianya produk yang di minta pelanggan. Oleh karena itu pemilik dan pengelola bisnis kuliner harus paham segmentasi pasar dan strategi pemasaran jitu untuk bidang bisnis yang digelutinya. Bila perlu ikuti pelatihan bisnis seperti pelatihan zona kaya bioenergi atau pelatihan bisnis yang berkaitan dengan strategi dan solusi untuk penjualan.

11. Tawarkan Menu yang Bisa Dibawa Pulang

Dengan menawarkan menu yang bisa dibawa pulang oleh pelanggan, akan meningkatkan pendapatan bisnis kuliner Anda. Selain itu memberikan nilai tambah bagi pelanggan karena memberikan kesempatan mereka untuk berbagai. Apalagi dengan memberikan kemasan atau packaging yang cantik dan menarik namun praktis pastinya akan memberi kesan tersendiri bagi pelanggan. Bahkan cara ini bisa Anda jadikan sebagai strategi marketing yang cerdas karena pelanggan Anda langsung yang mereferensikan produk Anda kepada orang lain. Otomatis memperluas jaringan pemasaran Anda.

12. Berikan Pelatihan pada Semua SDM.

Pelatihan SDM diperlukan agar sistem kerja dan budaya kerja terbangun dengan baik. Apalagi dalam bisnis kuliner yang langsung berkaitan dengan pelanggan secara langsung. Pemberian pelatihan bagi semua sumberdaya dalam lingkup bisnis kuliner selain memberikan pengetahuan yang diperlukan dalam menjalankan pekerjaan, juga memberi manfaat untuk terciptanya pelayanan yang berkualitas sesuai visi dan misi usaha kuliner tersebut.

Selain itu menjadikan apa yang dilakukan dalam rangka menjalankan usaha bisa teratur, terarah dan terukur. Hingga semua aktivitas bisa berjalan lancar dan secara langsung atau tidak langsung memberi manfaat bagi usaha tersebut.

13. Pemilihan Lokasi yang Strategis.

Pemilihan lokasi usaha yang strategis juga merupakan kunci sukses usaha kuliner sangat penting, namun bukan menjadi sesuatu yang harus diutamakan. Mengapa? Karena bisnis kuliner saat ini yang ternyata juga sudah mengarah ke go online, lokasi usaha adalah pertimbangan nomor sekian. Melalui penjualan online yang terpenting usaha berdekatan dengan tempat keramaian atau dekat dengan segment pasar yang dibidik tetap bisa berjalan. Sistem penjualan online dengan delivery service akan membuat jangkauan pasar semakin luas.

Apalagi ketika Anda sudah memiliki kekhasan dalam menu yang di tawarkan, serta berbagai keistimewaan termasuk penyajian makanan yang kekinian, maka akan sangat mudah mendapatkan pelanggan. Peran media sosial dan transportasi online juga membuat lokasi usaha tidak berpengaruh secara signifikan. Justru strategi marketing menjadi lebih berpengaruh bagi peningkatan penjualan, pencapaian target  dan keuntungan usaha.

14. Miliki komitment yang jelas dan tujuan yang pasti

Komitment yang jelas dari usaha atau bisnis kuliner Anda tentu Anda sendiri yang bisa memastikannya. Komitment ini terkait juga dengan layanan pelanggan dan juga tujuan dari bisnis itu sendiri. Jika Bisnis kuliner Anda hanya Anda jadikan sebagai bisnis sampingan dan hanya akan Anda jalankan saat Anda membutuhkan uang saja, tanpa konsistensi maka bisnis Anda tidak akan menghasilkan keuntungan maksimal.

Apalagi apabila Anda tidak punya komitmen tentang bisnis Anda dan Anda juga tidak bisa menjaga konsistensi hanya akan ditinggal pelanggan. Misalnya Awalnya Anda buka usahanya setiap hari dan buka dari pagi sampai malam, namun di saat tertentu Anda sudah mentup usaha Anda di sore hari maka pelanggan akan kecewa dan meninggalkan Anda. Apalagi apabila dalam menyediakan menu kadang ada kadang tidak ada, variasi menu tidak  tentu pastinya akan membuat pelanggan lari meninggalkan Anda.

Komitment dan konsistensi serta tujuan yang jelas menjadi salah satu kunci sukses usaha kuliner yang perlu mendapat perhatian khusus.

15. Kunci Sukses Usaha Kuliner paling Penting Memiliki kualitas energi yang tinggi

Kunci sukses usaha kuliner yang ke 15 ini justru menjadi kunci yang sangat menentukan. Mengapa? Karena dalam menjalankan usaha, apalagi apabila Anda adalah pemilik bisnis, akan menjadi otak dari usaha itu sendiri. Apabila kualitas energi Anda tidak tinggi Anda akan mudah kalah dalam persaingan, sulit mengendalikan pikiran dan hati dan membuat Anda tidak percaya diri dalam mengambil keputusan penting dalam usaha.

Berbeda jika Anda memiliki kualitas energi yang tinggi maka Anda akan lebih mudah mengelola usaha, mudah dalam bekerja sama dan berhubungan dengan mitra usaha Anda. Anda juga kan lebih mampu mengelola sumberdaya yang ada dalam usaha kuliner Anda termasuk dalam mengatur karyawan atau pekerja di dalamnya. Keuntungan lain ketika Anda memiliki kualitas energi yang tinggi Anda akan lebih percaya diri, Aura terpancar dan meningkatkan daya tarik alami. Dengan daya tarik alami inilah Anda akan lebih mudah ketika berkomunikasi dengan orang lain baik dengan kolega, mitra bisnis ataupun rekanan. Dan daya tarik alami yang muncul akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan.

Agar Anda bisa sukses dalam mengelola usaha kuliner sebaiknya tingkatkan kemampuan Anda dalam berbisnis dan tingkatkan kualitas energi Anda. Sebagai cara mudah untuk meningkatkan kualitas energi bisa dengan mengikuti program pelatihan bisnis seperti pelatihan Zona Kaya di Bioenergi Center. Dan apabila Anda ingin mengikuti pelatihan yang akan memberikan Anda loncatan energi sehingga bisa melejitkan usaha kuliner Anda dengan cepat, Anda bisa mengikuti pelatihan Quantum Bioenergi atau Solusi Khusus Bioenergi (SKB).

Selengkapnya tentang program pelatihan Zona kaya silakan klik >> Cara memasuki 360 pintu kekayaan.

Bagikan:

Leave a Comment