Cara Menghemat Uang

5 Cara Menghemat Uang di Saat Krisis Menurut Islam

Cara Kaya & Cara Sukses Berbisnis Dengan Memasuki Zona Kaya

Cara menghemat uang – Agama Islam mewajibkan setiap umat muslim untuk bekerja sebagai bentuk tanggung jawab terhadap dirinya maupun keluarganya. Setiap pekerjaan yang ia lakukan pasti menghasilkan pundi-pundi uang yang ia terima dalam bentuk gaji atau penghasilan. Seberapa pun besar kecilnya penghasilan yang diterima patut Anda syukuri sebagai karunia Allah yang sangat bermanfaat dalam hidup. Apalagi dalam suasana krisis ekonomi seperti saat ini, dimana banyak orang yang bekerja di PHK, pengusaha menutup usaha, bisnis sulit, berdagang tidak laku karena daya beli masyarakat menurun akibat pandemi global Covid 19.

Sementara kehidupan harus terus berjalan, iktiar harus terus dilakukan meski harus mengikuti rambu-rambu dan protokol kesehatan yang di tetapkan pemerintah dan WHO. Sudah menjadi sunatullah bahwa kehidupan manusia tak terlepas dari berbagai masalah, salah satunya masalah dalam hal keuangan. Bahkan dalam masalah kehidupan sulit yang berkaitan dengan penyakit atau kesehatan pun masalah keuangan akan senantiasa menyertai. Meskipun Anda masih memiliki tabungan, aset, masih bisa berpenghasilan di tengah krisis namun keadaan yang penuh ketidakpastian ini  tidak menjamin penghasilan dan uang yang Anda dapatkan dapat memenuhi semua kebutuhan hidup sehari-hari. Dalam menghadapi masalah seperti ini, Islam memberikan teladan dengan anjuran hidup sederhana. Seperti apa sajakah cara menghemat uang dengan menerapkan hidup sederhana menurut Islam?

Berikut ini beberapa cara menghemat uang dengan hidup sederhana sesuai tuntunan Agama Islam yang sejalan dengan firman Allah dalam Alquran.

1. Dengan Hidup Bersahaja

Cara Menghemat UangHidup bersahaja artinya hidup dengan cermat dan hati-hati namun tidak pelit atau kikir. Artinya Anda hanya harus menahan diri untuk tidak mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak perlu. Melainkan Anda harus bijak dalam menggunakan uang sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan.

Hidup dengan bersahaja adalah hidup sederhana namun jangan sampai membuat Anda susah sendiri. Dalam mengalokasikan uang apabila uang itu tidak bisa menghasilkan setidaknya tidak membuat uang itu menghasilkan sesuatu yang mubadzir.

Hal ini selaras dengan firman Allah:

Waalladziina idzaa anfaquu lam yusrifuu walam yaqturuu wakaana bayna dzaalika qawaamaan.”

Artinya: “Dan orang-orang yang apabila membelanjakan (harta), mereka tidak berlebihan, dan tidak (pula) kikir, dan adalah (pembelanjaan itu) di tengah-tengah antara yang demikian.” (QS.Al- Furqon:67).

Baca juga: Tips Hidup Sederhana Menurut Islam yang Harus Anda Ketahui

2. Banyak Berbuat Baik Kepada Orang Lain

Dari sudut pandang dan pemikiran banyak orang, pemikiran bahwa berbuat baik menjadi cara menghemat uang adalah suatu yang sulit dipahami. Namun dalam ajaran Islam dengan berbuat baik akan mendatangkan banyak keberkahan bahkan membuka pintu rezeki. Sehingga bisa jadi diluar kesadaran perbuatan baik yang Anda lakukan membuat Anda menerima kebaikan lainnya yang lebih besar yang membuat Anda tidak harus mengeluarkan uang. Tentu saja Anda harus tahu ilmunya, minimal paham adanya energi yang bekerja pada uang atau metafisika uang.

Anda bisa berbuat baik dengan menolong orang lain sesuai kemampuan Anda. Anda juga bisa bersedekah. Dalam hal ini bersedekah tidak harus dengan uang, tapi bisa dengan menggunakan apa yang Anda miliki. Baik dengan pemikiran, ide, tenaga, sesuatu yang selama ini tidak Anda pergunakan namun sangat berarti dan bermanfaat bagi orang lain dan sebagainya.

Mengenai berbuat baik kepada orag lain ini di jelaskan dalam firman Allah sebagai berikut:

  • “Wa-anfiquu fii sabiili allaahi walaa tulquu bi-aydiikum ilaa alttahlukati wa-ahsinuu inna allaaha yuhibbu almuhsiniina.”

Artinya: “Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al-Baqarah: 195)

3. Cara Menghemat Uang dengan Tidak Boros

Tidak boros artinya tidak berlebihan dalam menggunakan uang. Karena yang berlebihan itu akan mengakibatkan sesuatu yang tidak baik. Apalagi dalam kondisi krisis keuangan global seperti ini, maka menahan diri untuk mengeluarkan uang dalam jumlah besar, yang tidak berkaitan dengan sesuatu yang darurat sebaiknya dihindari. Dengan begitu Anda bisa mengendalikan pengeluaran dan keuangan Anda dengan baik.

Anjuran untuk tidak boros ini sesuai dengan firman Allah sebagai berikut:

  • “Inna almubadzdziriina kaanuu ikhwaana alsysyayaathiini wakaana alsysyaythaanu lirabbihi kafuuraan.”

Arti: “ Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.” (QS. Al-Israa’: 27)

Hal ini juga selaras dengan hadits:  “Barang yang sedikit tetapi cukup (untuk memenuhi kebutuhan hidup) adalah lebih baik daripada banyak (tetapi menjadikan mereka lupa diri) dan menyesatkanya (dari jalan hidup yang sederhana”. (Abu Naeem, Dikutip oleh Mishkat, Opcit. Vol II, hal. 348, No. 4962.)

Baca juga: 8 Tips Hidup Sederhana Tapi Bahagia yang Wajib Anda Tahu

4. Hidup tidak berlebihan

Cara Menghemat Uang

Untuk bisa hidup tidak berlebihan sebaiknya Anda memiliki patokan yang menjadi standar normal untuk pengeluaran rutin bulanan Anda. Bila perlu apapun bentuk pengeluaran dan juga pendapatan dalam rumah tangga, Anda memiliki catatannya. Hidup tidak berlebihan syarat dengan cara teknis yang menuntut kedispininan, sikap bijak, dan pemahaman yang tinggi akan arti kesederhanaan.

Banyak Bersyukur akan membuat hati dan pikiran lebih tenang sehingga Anda bisa lebih menahan hawa nafsu. Termasuk nafsu untuk membelanjakan uang untuk keinginan yang sebenarnya bukan kebutuhan utama. Apalagi bila kebutuhan hidup dasar sudah terpenuhi Anda sebaiknya menghemat pengeluaran sehingga uang yang Anda miliki bisa bertahan lebih lama. Kebanyakan dari mereka yang hidup berlebihan, banyak menggunakan uang untuk konsumsi sehingga tingkat kepemilikan atas sesuatu karena usahanya sendiri cenderung rendah. Dan kalaupun banyak warisan dari orang tuanya akan cepat habis dan tidak bertahan lama dalam genggamannya.

Mengenai hidup tidak berlebihan senada dengan firman Allah Sebagai berikut:

  • “Wahuwa alladzii ansya-a jannaatin ma’ruusyaatin waghayra ma’ruusyaatin waalnnakhla waalzzar’a mukhtalifan ukuluhu waalzzaytuuna waalrrummaana mutasyaabihan waghayra mutasyaabihin kuluu min tsamarihi idzaa atsmara waaatuu haqqahu yawma hashaadihi walaa tusrifuu innahu laa yuhibbu almusrifiina”.

Artinya: “Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon korma, tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak sama (rasanya). Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah, dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan disedekahkan kepada fakir miskin); dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan..” (QS.Al-An’am:141).

  • …….“ Makan, minumlah, dan jangan berlebih-lebihan[7], Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan” (QS Al-A’raf 7 : 31)

5. Cara Menghemat Uang dengan berpenampilan wajar dan makanan sehat alami

Tidak bisa dipungkiri cara seseorang berpenampilan dan makanan yang di konsumsi berpengaruh pada uang yang harus di belanjakan. Karena itu agar bisa bisa menghemat uang sebaiknya dalam berpenampilan sewajarnya saja. Bagi wanita yang terbiasa menggunakan skincare mahal, baju baju brandit dan asesorir mahal, di era krisis bisa menggantinya dengan produk yang fungsinya sama tapi lebih murah harganya. Apalagi untuk belanja asesoris, yang biasanya sebagai pemanis penampilan, dalamkondisi krisis apalagi di tengah pandemi covid 19 seperti saat ini sepertinya tidaklah penting.

Begitupun dalam hal makanan, dalam kondisi kriris dimana banyak orang mengalami kesulitan mendapatkan makanan, tidak perlulah belanja makanan yang mahal dan berlebihan, Termasuk makanan cepat saji yang kadang harganya tidak masuk akal. Apalagi belanja makanan yang mengikuti trend kekinian yang belum tentu bagus kandungan gizinya dan sehat bagi tubuh. Dengan belanja bahan makanan sehat dan memasaknya sendiri dengan cara yang sehat akan lebih hemat dan sehat. Makanan tradisional yang alami bisa di jadikan pilihan. Dengan begitu Anda bisa berhemat dan bisa menikmati makanan alami dan menyehatkan.

Berkaitan dengan penampilan dan makananan hadits berikut bisa menjadi penguatnya:

  • Tiada hak bagi seorang anak Adam dalam semua hal ini kecuali rumah tempat tinggal, baju yang menutup auratnya, roti kering dan air.” (HR. Tarmidzi)

*******

Demikian beberapa cara menghemat uang  menurut islam yang selaras dengan firman Allah dalam ayat-ayat Alquran juga dalam hadits. Apalagi di tengah krisis keuangan global akibat adanya pendemi Covid 19 ini, menghemat uang sangatlah perlu. Kita juga harus mengutamakan hal yang lebih bermanfaat, terutama untuk kesehatan dan kebaikan diri dan keluarga.

Seiring dengan melakukan beberapa tips menghemat uang di atas, Anda juga dapat mengupayakan bertambahnya rezeki dari Allah dengan banyak berdoa, beribadah, bersedekah, dan sabar. Bahkan, Anda juga perlu meningkatkan energi positif dalam diri Anda agar Anda senantiasa terus bersemangat dalam bekerja dan optimis dalam meraih kesuksesan serta rezeki halal dari Allah dalam kondisi apapun.

Peningkatan energi positif ini dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan Bioenergi. Untuk dapat memanfaatkan Bioenergi Anda bisa mengikuti pelatihan Bioenergi seperti pelatihan Zona Kaya baik secara langsung ataupun jarak jauh sesuai jadwal pelaksanaannya. Bahkan dalam kondisi stay at home pun Anda bisa mengikuti pelatihan secara jarak jauh. Atau bagi Anda ingin memanfaatkan Bioenergi atau ingin mendapat manfaat Bioenergi melalui cara yang praktis Anda bisa memesan Kapsul Bioenergi Bioenergi Center.  Dengan memanfaatkan Bioenergi Anda juga bisa meningkatkan kualitas kesehatan dan kebugaran tubuh, meningkatkan sistem imun dan meningkatkan kualitas hidup Anda.

Baca juga: Cara Meningkatkan kualitas Hidup, Lebih Sehat Sukses Sejahtera & Bahagia

Bagikan:

Leave a Comment