Zona Kaya Cara Mudah Menjadi Kaya :: Cara Menjadi Kaya dan Cara Sukses Berbisnis

Home Tips Kaya Dan Sukses 6 Cara Negosiasi Gaji Saat Interview, Pasti Sukses!

Cara Negosiasi Gaji

Mau Tahu Cara negosiasi gaji saat interview?

Cara negosiasi gaji – Setiap orang pasti menginginkan gaji tinggi di tempat mereka bekerja. Namun, tidak setiap orang memiliki kemampuan untuk bernegosiasi untuk mendapatkan gaji besar. Salah satu waktu yang tepat untuk melakukan negosiasi gaji adalah ketika Anda melakukan interview kerja. Karena saat interview kerja inilah, Anda dituntut untuk cerdas “menjual diri” agar dapat memperoleh gaji besar yang Anda inginkan. Cara Negosiasi Gaji saat Interview sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan diri, spesifikasi pekerjaan, disertai kepercayaan diri dan kualitas energi yang tinggi.

Cara Negosiasi Gaji Bagi Anda yang ingin mendapatkan gaji besar, Anda perlu melakukan beberapa persiapan jelang interview karena biasanya saat proses melamar kerja inilah terjadi negosiasi gaji antara pihak perusahaan dengan Anda. Agar negosiasi gaji ini lancar, Anda diterima bekerja dengan gaji besar maka Anda perlu memperhatikan beberapa cara negosiasi gaji yang tepat. Lalu, seperti apa sajakah cara negosiasi tersebut?

Baca juga: 11 Pekerjaan Yang Gajinya Besar dan Menjanjikan di Indonesia

Secara langsung maupun tidak langsung gaji adalah hal sensitive yang mempengaruhi produktivitas kerja. Berikut ini beberapa cara negosiasi gaji saat interview yang baik dan benar. Dengan menerapkan beberapa cara di bawah ini, diharapkan dapat membantu Anda dalam mendapatkan gaji besar di tempat kerja Anda yang baru. Semoga bermanfaat.

1. Lakukan riset

Cara negosiasi gaji perlu Anda persiapkan lebih dahulu dengan melakukan riset gaji sesuai jenis pekerjaan Anda yang ada di pasaran. Jika Anda sudah mengetahui angka gaji yang ada di pasaran maka Anda bisa menaikkan sedikit, tetapi ingat harus Anda sesuaikan dengan kemampuan, pengalaman kerja, atau potensi diri yang Anda miliki.

2. Lakukan latihan interview

Langkah selanjutnya sebagai cara negosiasi gaji adalah dengan melakukan latihan interview dengan orang terdekat Anda. Dalam latihan tersebut, Anda perhatikan apa kekurangan Anda dan cobalah untuk memperbaikinya. Latihan ini bertujuan agar Anda merasa nyaman saat melakukan negosiasi gaji saat interview.

Baca juga: 9 Cara Menjadi Freelancer dengan Penghasilan Besar?

3. Buka harga terlebih dahulu

Menawar jumlah gaji atau mebuka harga untuk beberapa orang juga dianggap salah satu cara negosiasi gaji. Saat membuka harga ini, Anda bisa menentukan gaji minimal yang dapat Anda terima. Sebagai patokan jumlah gaji yang bisa Anda tawarkan adalah dengan melakukan “mark up” atau kenaikan pada  jumlah gaji yang ada di pasaran atau menyebutkan jumlah gaji Anda di perusahaan sebelumnya di mana Anda bekerja,

4. Pastikan HRD mengetahui jumlah gaji Anda sebelumnya (jika gaji Anda besar)

Cara negosiasi gaji saat interview juga dapat Anda lakukan dengan menyebutkan jumlah gaji di kantor Anda sebelumnya. Hal ini bisa Anda lakukan dengan catatan jika gaji ANda sebelumnya besar. Jika gaji Anda kecil sebaiknya Anda tidak perlu menyebutkan untuk menghindari kesan remeh, menyepelekan, atau memandang sebelah mata pada diri Anda.

Baca juga: 6 Jenis Pekerjaan yang Menghasilkan Barang dengan Omset Tinggi

5. Perjuangkan dengan gigih

Jika HRD menolak ajuan besaran gaji Anda maka Anda harus tetap memperjuangkan dengan gigih karena hal ini juga menjadi salah satu cara negosiasi gaji yang baik. Namun, dalam memperjuangkan gaji ini harus dilakukan dengan cara halus dan sopan. Jelaskan keuntungan yang akan didapatkan perusahaan dengan berinvestasi pada diri Anda. Namun, hal ini perlu Anda buktikan dengan beberapa pengalaman kerja Anda yang berkualitas.

Baca juga: 11 Cara Mendapatkan Pekerjaan dengan Cepat Tanpa Ribet

6. Bersikap fleksibel

Jika beberapa cara negosiasi gaji yang sudah Anda lakukan terancam gagal dan pihak perusahaan masih belum bisa menerima besaran gaji yang Anda tawarkan, maka sebaiknya bersikap fleksibel dengan melakukan negosiasi kompensasi yang lain. Misal, Anda bisa meperjuangkan untuk mendapatkan tunjangan lain, seperti asuransi kesehatan, pendidikan, bonus kerja, dan sebagainya.

Demikian beberapa cara negosiasi gaji saat interview yang dapat Anda lakukan. Jika Anda sudah melakukan beberapa atau semuacara negosiasi di atas, namun gaji yang Anda dapatkan masih saja belum begitu besar atau belum sesuai dengan harapan Anda, janganlah cemas karena Anda bisa mendapatkan peningkatan besaran gaji seiring dengan kinerja dan produktivitas kerja Anda yang baik dan maksimal. Untuk meningkatkan kinerja Anda ini maka diharapkan Anda melakukan latihan yang efektif membantu Anda dalam meningkatkan kemampuan dan prestasi Anda dalam bekerja. Salah satu upaya yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengikuti Pelatihan Zona Kaya di Bioenergi Center yang dapat membantu Anda dalam melakukan pekerjaan secara lebih optimal dengan hasil yang maksimal. Dengan begitu, pekerjaan yang Anda lakukan dapat selalu mencapai kesuksesan sehingga secara otomatis akan berpengaruh positif pada kenaikan gaji Anda.

Baca juga: Cara Sukses Berkarir dan Berbisnis dengan Zona kaya

 

 

Bagikan:

ARTIKEL TERBARU

Cara Mengatasi Hutang yang Menumpuk

Mau Tahu Cara Mengatasi Hutang Yang Menumpuk Agar Cepat Bebas Hutang? Hutang merupakan masalah yang paling sering muncul dan mempengaruhi hidup manusia. Akibat keberadaan hutang ini di satu sisi memicu seseorang untuk lebih kreatif dan produktif agar bisa membayar hutang....