Zona Kaya Cara Mudah Menjadi Kaya :: Cara Menjadi Kaya dan Cara Sukses Berbisnis

Home Artikel Tugas dan Tanggung Jawab Guru Dalam Islam

tugas dan tanggung jawab guru

Mau tahu tugas dan tanggung jawab guru dalam Islam?

Tugas dan tanggung jawab guru – Guru adalah salah satu jenis profesi yang mulia karena ia telah berjasa mendidik individu menjadi generasi yang berkualitas. Dalam agama Islam, profesi seorang guru sangat dihargai dan dihormati karena ia telah bertanggung jawab mendidik manusia menjadi generasi muslik yang beriman dan beramal shaleh serta mampu melaksanakan tugas terhadap dirinya sendiri, masyrakat, maupun negara. Tugas dan tanggung jawab guru dalam mendidik dan mencerdaskan bangsa bukan sekedar profesi namun juga tanggung jawab moral membangun ahlak dan peradaban.

tugas dan tanggung jawab guruGuru memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat luas. Sebagai pendidik, pembimbing, sekaligus pendorong. Guru juga menjadi penyampai ilmu, penggerak dan penasihat. Melihat betapa besarnya tugas dan tanggung jawab profesi guru membuat seorang guru memiliki posisi sangat mulia di sisi Allah. Hal ini terlihat dari firman Allah dalam Alquran, “Supaya Allah  meninggikan darjat orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan agama (dari kalangan kamu) beberapa darjat”. (QS. Al-Mujaadalah : 11).

Baca juga: 9 Cita-Cita Yang Bagus Untuk Masa Depan

Lalu, seperti apa sajakah tugas dan tanggung jawab guru dalam Islam? Berikut ini beberapa gambaran tugas dan tanggung jawab guru dalam Islam yang perlu Anda ketahui. Dengan menyadari betaap pentingnya tugas dan tanggung jawab guru diharapkan kita mampu lebih menghormati dan menghargai guru kita. Semoga bermanfaat.

Tugas dan tanggung jawab guru dalam Islam sebagai seseorang yang melaksanakan tarbiyah memiliki tempat yang sangat mulia. Allah akan menganngap setiap apa yang guru kerjakan adalah ibadah, setiap perjuangan dari rumah ke sekolah akan mendapatkans atu pahala, dan atu dosa akan dihapuskan. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Alquran, “Serulah ke jalan Tuhanmu (wahai Muhammad) dengan hikmat kebijaksanaan dan nasihat pengajaran yang baik, dan berbahaslah dengan mereka (yang engkau serukan itu) dengan cara yang lebih baik”. (QS. al-Nahl : 125).

Tugas dan tanggung jawab guru dalam Islam meliputi:

  1. Menyampaikan akidah dan keimanan yang mampu menghidupkan hati dan mendekatakan manusia dengan Allah, mengharapkan rahmat-Nya dan takut akan siksa-Nya.
  2. Menyampaikan ilmu pengetahuan dan kemahiran yang meliputi fardhu ain dan fardhu kifayah yang menjadi asas pengabdian diri kepada Allah, menjalin hubungan yang harmoni dengan sesama manusia dan alam.
  3. Membentuk akhlak atau pribadi mulia yang mempu menjadi teladan kepada orang lain.

Baca juga: Pelatihan dan Pengembangan SDM beserta Manfaat dan Jenisnya

Tugas dan tanggung jawab guru dalam Islam di atas tercakup dalam ayat Alquran dan hadits berikut ini.

  • “Wahai anakku! Dirikanlah Solat (sembahyang), dan suruhlah berbuat baik serta cegahlah kemungkaran dan bersabarlah atas segala bala bencana yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu adalah dari perkara-perkara yang dikehendaki diambil berat melakukannya”. (QS. Luqman : 17)
  • “Setiap kamu adalah penjaga (pemimpin) dan setiap kamu ditanya berkaitan dengan tanggungjawabnya”. (Hadis Riwayat Al-Bukhari)
  • “Suruhlah anak-anak kamu mengerjakan solat apabila mereka mencapai umur 7 tahun dan pukullah mereka apabila mereka mencapai umur 10 tahun serta pisahkan di antara mereka tempat tidur ”.( Hadis Riwayat Abu Daud dan Al-Hakim)
  • “Ajarlah anak-anak kamu dan ahli rumahtanggamu kebaikan dan perbaikilah adab sopan mereka ”.
  • “Demi sesungguhnya adalah bagi kamu pada diri Rasulullah SAW itu contoh ikutan yang terbaik. Yaitu bagi sesiapa yang sentiasa mengharapkan ( keredhaan ) Allah taala dan (balasan baik) hari Akhirat. Serta ia pula menyebut dan mengingati Allah banyak-banyak (di dalam masa Sedih dan Senang)”. (QS. Al-Ahzab: 21)

tugas dan tanggung jawab guru

Demikian beberapa tugas dan tanggung jawab guru dalam Islam. Memilih profesi menjadi seorang guru adalah pilihan mulia. Namun, di tengah perjalanan hidup ada banyak profesi guru yang belum mendapatkan hak yang setimpal. Kualitas hidup mereka yang masih buruk tidak mampu menghambat perjuangan mereka untuk mendidik pada muridnya. Nah, bagi Anda yang sudah menjadi guru tetapi masih berada dalam hidup yang serba berkekurangan maka jangan pernah putus asa. Karena Allah sudah menyiapkan pahala setimpal atas semua sikap mulia Anda. Anda dapat meningkatkan kemampuan dan potensi Anda dalam mendantangkan rezeki dari Allah dengan mengikuti Pelatihan Zona Kaya di Bioenergi Center. Dengan mengikuti pelatihan ini diharapkan Anda dapat meningakatkan kesejahteraan Anda menjadi lebih baik. Dengan begitu, hidup Anda akan menjadi lebih tenang, tentram, dan bahagia dengan fokus menjadi seorang guru yang berkualitas.

Baca juga: Cara meningkatkan kualitas hidup lebih sehat, sukses, sejahtera

 

Bagikan:

ARTIKEL TERBARU

Cara Meningkatkan Omset

Inilah Cara Meningkatkan Omset yang Wajib Anda Tahu Akhir-akhir ini para pengusaha retail sedang menghadapi ujian berat. Penjualan mereka turun dari biasanya karena daya beli masyarakat yang menurun. Penurunan omzet usaha menjadi salah satu dampaknya & dirasakan pebisnis dimana-mana. Bahkan perusahaan ritail...