Zona Kaya Cara Mudah Menjadi Kaya :: Cara Menjadi Kaya dan Cara Sukses Berbisnis

Home Artikel 4  Cara Mencegah Karyawan Resign Kerja Mendadak

resign kerja mendadak

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedIn

Resign kerja mendadak – Setiap pemimpin perusahaan pasti ingin memiliki karyawan dengan etos kerja tinggi, memiliki kinerja yang baik, dan berprestasi. Karyawan seperti ini pasti digadang-gadang menjadi top talent yang mampu mengembangkan serta memajukan perusahaan.  Dan, kehadiran karyawan seperti  inilah yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan sehingga tak heran jika ia dianggap sebagai aset penting dan diberikan kepercayaan dan tanggung jawab besar di dalam perusahaan. Resign kerja mendadak yang dilakukan oleh karyawan sedikit banyak akan berpengaruh pada operasional usaha juga produktivitas kerja karyawan.

resign kerja mendadak Jika Anda seorang pemimpin perusahaan dan memiliki karyawan dengan kemampuan di atas rata-rata, bersyukurlah, namun Anda harus tetap berhati-hati karena karyawan seperti ini akan mudah berpindah kerja dengan banyaknya penawaran yang lebih menarik di luar sana. Anda harus menyadari bahwa Anda tidak mampu menjamin ia akan selamanya berada di perusahaan Anda. Meski sudah diberi gaji besar dan fasilitas yang lengkap dan nyaman, namun hal tersebut tidak mampu menahan karyawan Anda tersebut untuk selalu bergabung bersama Anda. Kapan pun karyawan kesayangan Anda tersebut dapat mengajukan resign kerja mendadak. Namun, Anda jangan khawatir karena ada beberapa cara jitu dalam mengantisipasi terjadinya hal tersebut. Seperti apa sajakah cara-cara yang dimaksud?

Baca juga: Inilah 7 Faktor yang Dapat Menurunkan Produktivitas Kerja Karyawan

Berikut ini beberapa cara mencegah karyawan resign kerja mendadak yang dapat Anda lakukan agar tidak kehilangan karyawan unggulan Anda. Dengan melakukan beberapa cara di bawah ini diharapkan dapat mencegah karyawan Anda untuk hengkang dari perusahaan yang Anda pimpin. Semoga bermanfaat.

Cara mencegah karyawan resign kerja mendadak

1. Bersikap terbuka kepada karyawan Anda

Cara mencegah karyawan resign kerja mendadak dapat Anda lakukan dengan bersikap lebih terbuka terhadap karyawan. Anda sebagai pemimpin dapat menanyakan alasan apa yang membuatnya memilih berhenti bekerja di perusahaan Anda. Jika ada masalah yang sedang ia hadapi maka Anda akan membantunya menyelesaikan masalah tersebut. Anda bisa saling berbagi cerita atas apa yang Anda lakukan untuk perusahaan dan sampaikan juga apreasi Anda atas hasil kerjanya. Hal ini akan membuat ia merasa dihargai dan mau kembali bekerja di perusahaan Anda.

Baca juga: 5 Tips Bekerja Cerdas Untuk Meraih Kesuksesan lebih mudah & Cepat

2. Sampaikan informasi mengenai progres perusahaan

Kondisi perusahaan yang tidak baik dan pelitnya informasi mengenai kondisi perusahaan merupakan salah satu alasan karyawan ingin mengundurkan diri. Untuk itu, cara mencegahnya agar mereka tidak melakukan resign kerja mendadak adalah dengan membagikan informasi mengenai progres atau kemajuan perusahaan. Hal ini bertujuan untuk meyakinkan karyawan akan kesuksesan atas hasil kerja mereka di perusahaan Anda.

3. Libatkan karyawan dalam proses mengambil keputusan

Banyak karyawan yang tidak tahan dengan situasi perusahaan yang tidak nyaman sehingga membuat mereka ingin resign, seperti adanya kesenjangan yang sangat tinggi antara atasan dan bawahan, ketimpangan anatra hak dan kewajiban karyawan, dan aturan perusahaan yang memberikan batasan terlalu tinggi bagi karyawan. Untuk itu, cara mencegah karyawan resign kerja mendadak yang dapat Anda lakukan adalah dengan melibatkan karyawan dalam proses pengambilan keputusan di dalam perusahaan. Hal ini bertujuan agar karyawan merasa memiliki peran penting dalam perusahaan sehingga bisa menumbuhkan kembali semangat kerja bersama Anda.

Baca juga: 7 Cara Membangun Rasa Percaya Diri Demi Kesuksesan Hidup

4. Menunjuk manajer untuk membangun interaksi yang baik dengan karyawan

Cara mencegah karyawan resign kerja mendadak yang selanjutnya adalah dengan menunjuk seorang manajer yang memiliki interaksi yang baik dengan karyawan. And aperlu memastikan bahwa manajer tersebut mampu menunjukkan kepeduliannya kepada karyawan, membangun komunikasi yang baik dengan karyawan, menghargai kinerja karyawan, mengapresiasi hasil kerja karyawan, membangun iklmim kerja yang sehat, dan sederet tugas lainnya yang bertujuan agar karyawan betah dan ingin kembali bekerja di perusahaan Anda.

Baca juga: 7 Kebiasaan Buruk yang Menyebabkan Karyawan Tidak Produktif

Demikian beberapa cara mencegah karyawan resign kerja mendadak yang dapat Anda lakukan untuk menahan karyawan terbaik Anda keluar kerja. Jika Anda sudah melakukan beberapa atau semua cara di atas, namun hal tersebut tidak mampu menahan karyawan Anda untuk segera berhenti kerja maka Anda bisa memberikan penawaran terbaik untuk meningkatkan keterampilan  kerjanya sehingga akan lebih terasah, mengingat salah satu alasan karyawan resign adalah tidak mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan kemampuannya. Untuk itu, Anda bisa memberikan kesempatan bagi karyawan Anda tersebut untuk mengikuti Pelatihan Zona Kaya di Bioenergi Center yang bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan kinerja dan strategi bekerjanya menjadi lebih baik. Dengan begitu, karyawan Anda akan menjadi lebih tertantang untuk bekerja lebih optimal sehingga terhindar dari rasa jenuh atau bosan. Hasilnya, ia pun akan menjadi karyawan yang makin sukses dan hal itu tentu juga berimbas secara positif bagi perusahaan Anda.

Baca juga: Cara Meningkatkan karir dan Jabatan dengan Cepat | Zona Kaya

 

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedIn

TESTIMONI PELATIHAN ZONA KAYA

Tips Keluarga Bahagia

Tips Keluarga Bahagia Tips Keluarga Bahagia - Banyak tips keluarga bahagia yang dapat kita temukan dalam artikel media sosial, website konsultasi masalah keluarga, dan sebagainya. Termasuk dari talk show keluarga...

ARTIKEL TERBARU

cita-cita yang bagus untuk masa depan

Mau tau cita-cita yang bagus untuk masa depan? Cita-cita yang bagus untuk masa depan - "Gantungkanlah cita-citamu setinggi mungkin" merupakan salah satu nasehat agar setiap orang memiliki cita-cita setinggi apa pun. Bahkan, sejak kecil sebaiknya cita-cita sudah ditentukan atau dipersiapkan, lalu kemudian kita...