Zona Kaya Cara Mudah Menjadi Kaya :: Cara Menjadi Kaya dan Cara Sukses Berbisnis

Home Pelatihan Cara Kaya Mencari Nafkah untuk Keluarga & Keutamaannya Menurut Islam

mencari nafkah untuk keluarga

Mau Tahu Keutamaan Mencari Nafkah untuk Keluarga Menurut Islam

Mencari nafkah untuk keluarga –Bekerja merupakan salah satu usaha untuk mencari nafkah secara halal. Dengan bekerja, setiap orang dapat menghidupi dirinya sendiri maupun keluarganya. Bahkan, dengan bekerja maka seseorang tidak menggantungkan hidupnya kepada orang lain. Mencari nafkah untuk keluarga bagi seorang kepala keluarga adalah kewajiban yang memiliki banyak keutamaan, termasuk pahala besar dan penggugur dosa.

Dalam Islam, Allah menganjurkan kepada hamba-Nya untuk selalu berusaha dan bekerja dalam menghidupi dirinya dan keluarganya. Dalam Islam juga disebutkan bahwa mencari nafkah untuk keluarga disebut sebagai kemuliaan. Hal itu juga telah dilakukan oleh Rasulullah yang diketahui selama hidupnya beliau bekerja selama hidupnya dengan menjadi seorang saudagar atau pedagang.

Baca juga: 7 Doa Agar Dagangan Laris dan Selalu Mendapatkan Untung

Setiap orang hendaknyalah ia bekerja semaksimal mungkin dengan cara bekerja secara halal guna mencari nafkah untuk keluarga. Allah sendiri sudah berjanji akan selalu memberikan rezeki kepada umat-Nya yang telah bekerja dengan baik. Untuk itu, Anda perlu mengerahkan semua akal pikiran, hati, panca indra, keterampilan, keahlian yang telah Allah berikan maka Ia berkenan memberikan kelancaran rezeki kepada Anda. Janji Allah tersebut terlihat dari berbagai firman Allah di dalam Alquran maupun hadist di bawah ini yang menjelaskan mengenai keutamaan mencari nafkah untuk keluarga.

1. Keutamaan mencari nafkah untuk keluarga menurut hadist yang diriwayatkan oleh Abu Mas’ud al-Anshari

Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya seorang muslim jika memberikan (nafkah) kepada keluarganya karena mencari pahala, maka hal itu menjadi shadaqah baginya.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

2. Keutamaan mencari nafkah untuk keluarga menurut hadist yang diriwayatkan oleh Sa’ad

Rasulullah bersabda, “Apa pun yang engkau berikan berupa suatu nafkah kepada keluargamu, maka engkau diberi pahala, hingga sampai sesuap makanan yang engkau angkat (masukkan) ke mulut istrimu.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Baca juga: Rahasia Terbukanya Pintu Rezeki Setelah Menikah Menurut Islam

3. Keutamaan mencari nafkah untuk keluarga menurut hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah

  • Rasulullah bersabda, “Dinar yang engkau nafkahkan di jalan Allah, dinar yang engkau nafkahkan untuk membebaskan budak, dinar yang engkau shadaqahkan untuk orang miskin, dan dinar yang engkau nafkahkan untuk keluargamu; maka yang paling besar pahalanya adalah yang engkau nafkahkan untuk keluargamu.” (HR. Muslim)
  • Rasulullah bersabda,“Jika dia keluar untuk berusaha demi anak-anaknya yang masih kecil, maka dia di jalan Allah. Jika dia keluar untuk berusaha demi mencukupi dirinya agar tidak meminta-minta, maka dia di jalan Allah. Dan jika dia keluar untuk berusaha karena riya’ dan sombong, maka dia di jalan syaithan.

4. Keutamaan mencari nafkah untuk keluarga menurut hadist yang diriwayatkan oleh Al Miqdam bin Ma’dikarib

Rasulullah bersabda, “Harta yang dikeluarkan sebagai makanan untukmu dinilai sebagai sedekah untukmu. Begitu pula makanan yang engkau beri pada anakmu, itu pun dinilai sedekah. Begitu juga makanan yang engkau beri pada istrimu, itu pun bernilai sedekah untukmu. Juga makanan yang engkau beri pada pembantumu, itu juga termasuk sedekah” (HR. Ahmad)

Baca juga: 8 Doa Minta Rezeki yang Berlimpah Paling Mustajab

5. Keutamaan mencari nafkah untuk keluarga menurut hadist yang diriwayatkan oleh Ahmad

“Sesungguhnya Allah menyukai hamba yang bekerja dan terampil. Siapa yang bersusah payah mencari nafkah untuk keluarganya maka ia serupa dengan seorang mujahid di jalan Allah.”

6. Keutamaan mencari nafkah untuk keluarga menurut hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah

“Tidak ada yang lebih baik dari usaha seorang laki-laki kecuali dari hasil tangannya (bekerja) sendiri. Dan apa saja yang dinafkahkan oleh seorang laki-laki kepada diri, istri, anak dan pembantunya adalah sedekah.” (HR. Ibnu Majah)

Mencari Nafkah Untuk Keluarga

Demikian beberapa keutamaan mencari nafkah untuk keluarga yang perlu Anda ketahui. Bekerja secara halal memang sebuah kewajiban yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas hidup Anda menjadi lebih baik. Jika Anda sudah bekerja, namun kondisi kehidupan Anda masih saja memprihatinkan, jumlah pengeluaran yang jauh melampaui pendapatan sehingga membuat hutang makin menumpuk maka sebaiknya Anda terus bekerja keras dengan diiringin doa penuh rasa ikhlas dan syukur kepada Allah. Selain itu, Anda juga dapat memaksimalkan potensi yang ada di dalam diri Anda untuk membuka saluran pintu rezeki dengan mengikuti Pelatihan Zona Kaya di Bioenergi Center sehingga hidup Anda menjadi makin lancar aliran rezekinya sehingga hidup Anda menjadi lebih sukses, kaya, dan bahagia.

 

Baca juga:

Bagikan:

ARTIKEL TERBARU

Langkah-langkah berwirausaha

Mau tahu langkah-langkah berwirausaha agar cepat sukses? Langkah-langkah berwirausaha – Berwirausaha menjadi salah satu pilihan banyak orang untuk mendatangkan penghasilan. Namun, pilihan wirausaha ini ternyata belum banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia. Hal ini terlihat dari tingkat pertumbuhan wirausaha di Indonesia cenderung lebih...