Zona Kaya Cara Mudah Menjadi Kaya :: Cara Menjadi Kaya dan Cara Sukses Berbisnis

Home Artikel Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam Pandangan Islam

kesehatan dan keselamatan kerja

Kesehatan dan keselamatan kerja – Setiap umat Islam disarankan untuk bekerja guna memenuhi semua kebutuhan hidupnya. Dengan jalan bekerja maka Anda akan memperoleh rezeki dari Allah. Bahkan, dengan bekerja Anda dapat mengumpulkan pahala sebagai bekal di kehidupan akhirat nanti. Untuk itulah, Islam menganggap bekerja adalah salah satu bentuk dari ibadah yang harus dilaksakanan sesuai dengan jalan Allah dan demi kemuliaan Allah semata.  Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam pandangan islam adalah aktifitas menjemput rezeki dengan cara-cara yang baik sehingga menghasilkan keberkahan dalam hidup. Allah sendiri menyarankan agar umatNya senantiasa bekerja dengan cara yang baik.

“Apabila telah ditunaikan sembahyang, maka bertebaranlah kamu di muka bumi, dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak -banyak supaya kamu beruntung” (QS. Al Jumu’ah (62): 10).

“Dan katakanlah, Bekerjalah kamu maka Allah akan melihat perlakuanmu, begitu juga Rasulnya, dan orang-orang mukmin, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) yang Maha Mengetahui yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakannya kepadamu apa yang telah kamu lakukan” (QS. at Tawbah (106): 9).

kesehatan dan keselamatan kerja Rasulullah sebagai teladan umat muslim juga menyarankan untuk selalu bekerja. Hal ini tampak dalam sabda beliau, “Sesungguhnya Allah menyukai orang mukmin yang bekerja” (HR. ath Thabarani dan Ibnu ‘Adi). Bahkan, Rasulullah pun menyarankan kepada setiap pekerja untuk selalu menjaga kesehatan dan keselamatan kerja agar ia selalu dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dalam bekerja dengan baik. Ha ni tampak dalam sabda dan doa Rasulullah berikut.

“Orang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih disukai Allah daripada orang mukmin yang lemah” (HR. Muslim).

“Sesungguhnya Allah menyukai salah seorang di antara kalian jika mengerjakan sebuah perbuatan, maka dia menyempurnakannya” (HR. al Baihaqi dan ath Thabarani).

“Ya Allah, berikanlah kesehatan pada badanku, berikanlah kesehatan pada pendengaranku, dan berikanlah kesehatan pada penglihatanku. Tidak ada Tuhan kecuali Engkau” (HR. Abu Dawud dan an Nasa’i).

Baca juga: Video Motivasi Kerja Inspiratif dan Memacu Meraih Kesuksesan Hidup

Menjaga kesehatan dan keselamatn kerja adalah wajib dilakukan oleh kaum muslim. Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan dan keselamatan kerja dalam pandangan Islam? Berikut ini beberapa ayat Alquran maupun hadist nabi yang menjelaskan betapa pentingnya dan bagaimana cara menjaga kesehatan dan keselamatan kerja dalam pandangan Islam. Semoga bermanfaat.

Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam Pandangan Islam sesuai Al-qur’an dan hadits

1. Kesehatan dan keselamatan kerja : Bekerja dengan tidak merusak lingkungan

  • “Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah Kepadamu (kebahagiaan) negeri akherat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.” (QS. Al-Qoshosh : 77)

Baca juga: 6 Jenis Pekerjaan yang Menghasilkan Barang dengan Omset Tinggi

2. Kesehatan dan keselamatan kerja : Bekerja dengan berbuat baik bagi sesama

  • “Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al-Baqarah : 195)

3. Kesehatan dan keselamatan kerja : Bekerja dengan menjaga diri sendiri

  • “Dan jika Allah mengenakan (menimpa) engkau dengan bahaya bencana, maka tidak ada sesiapapun yang dapat menghapusnya melainkan Dia sendiri dan jika ia mengenakan (melimpahkan) engkau dengan kebaikan, maka ia adalah Maha Kuasa atas tiap-tiap sesuatu.” (QS. Al-An’am : 17)

Baca juga: Kalimat Motivasi Kerja Keras Pendongkrak Kesuksesan

4. Kesehatan dan keselamatan kerja : Bekerja dengan tidak membahayakan orang lain

  • “Tidak boleh (menimbulkan) bahaya dan tidak boleh pula membahayakan orang lain” (HR. Ibnu Majah dari kitab Al-Ahkam 2340).
  • “Barang siapa yang membahayakan orang (lain), maka Allâh akan membahayakan dirinya, dan barang siapa yang memberatkan orang lain maka Allâh akan memberatkannya.”

 5. Kesehatan dan keselamatan kerja : Bekerja sesuai kemampuan

  • “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kemampuannya.” (Q.S. Al-Baqarah: 286)

kesehatan dan keselamatan kerja

Demikian beberapa ayat Alquran dan hadits yang menjelaskan mengenai kesehatan dan keselamatan kerja dalam pandangan Islam. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan ayat di atas agar dalam bekerja dapat selalu sehat dan selamat. Dengan begitu, hasil kerja pun bisa optimal rezeki mengalir lancar dan hasilnya pun menjadikan hidup Anda penuh dengan keberkahan. Namun, apabila Anda masih saja kerap mengalami masalah dalam pekerjaan atau karir, sering sakit-sakitan dan mengalami kecelakaan kerja maka sebaiknya mencari solusinya.

Anda bisa dapat solusi cepat mengenai masalah pekerjaan dengan mengikuti pelatihan yang dapat meningkatkan kompetensi dan potensi Anda dalam bekerja secara efektif, efisien, aman, dan nyaman. Sehingga Anda dapat bekerja dengan profesional untuk mendapatkan rezeki yang halal berbah, dan berlimpah. Salah satu pelatihan yang sudah terbukti bermanfaat adalah Pelatihan Zona Kaya di Bioenergi Center. Program pelatihan ini menjadikan diri Anda sebagai pekerja yang mampu bekerja dengan  tertib, disiplin, efektif sehingga dalam bekerja Anda pun selalu sehat dan selamat. Dengan cara bekerja sesuai prinsip kerja yang baik maka akan mempermudah Anda dalam mencapai kesuksesan dalam bekerja.

Baca juga: Cara sukses dan kaya tanpa batas dengan memasuki 360 pintu kekayaan

 

 

Bagikan:

ARTIKEL TERBARU

Afirmasi magnet uang

Mau tahu cara menyampaikan doa dan afirmasi magnet uang ? Afirmasi magnet uang - Doa merupakan cara berkomunikasi manusia dengan Allah. Dalam ajaran agama Islam, Allah memerintahkan umatnya untuk berdoa. Karena Allah sendiri sudah berjanji akan mengabulkan doa hamba-Nya, seperti yang tampak dalam...