Zona Kaya Cara Mudah Menjadi Kaya :: Cara Menjadi Kaya dan Cara Sukses Berbisnis

Home Tips Kaya Dan Sukses Ilmu Mengenal Diri Sendiri dalam Islam

ilmu mengenal diri

Ilmu Mengenal Diri Sendiri dalam Islam yang perlu Anda Tahu

Ilmu mengenal diri – Setiap manusia ciptaan Allah yang hidup di dunia ini tentu memiliki identitas diri. Meski memiliki identitas diri, tidak setiap manusia mampu mengenal dirinya sendiri. Padahal mengenal diri sendiri adalah salah satu perintah dari Allah agar manusia dapat mengenal Allah sebagai Tuhan atau penciptanya. Hal ini tampak dalam hadits,   “Barangsiapa yang mengenal dirinya, maka ia akan mengenal Tuhannya, dan barangsiapa yang mengenal Tuhannya maka binasalah (fana) dirinya.” Ilmu mengenal diri sangat penting untuk menyadari diri, tujuan, tanggung jawab agar bisa menggali potensi diri menuju hakekat hidup sesungguhnya.

ilmu mengenal diri Setelah mengetahui pentingnya mengenal diri sendiri, tentu sudah swajibnya setiap kaum muslim berupaya mengenal diri sendiri dengan tujuan mengenal Allah dan mengetahui tujuan hidupnya. Lalu, bagaiman cara atau ilmu mengenal diri sendiri dalam Islam?

Baca juga: Rahasia Allah dalam diri manusia : rezeki, jodoh, dan maut

Berikut ini beberapa cara sebagai ilmu mengenal diri sendiri secara Islami yang perlu Anda lakukan. Dengan menerapkan cara-cara di bawah ini, diharapkan Anda akan semakin mengenal diri sendiri sehingga Anda pun dapat lebih mengenal Allah sebagai Sang Pencipta alam semesta.

1. Ilmu mengenal diri sendiri : Mengamati jati diri sendiri

Pada dasarnya manusia diciptakan Allah dalam dua jenis unsur, yakni unsur jasmani (fisik) dan jiwa (rohani).

Unsur jasmani, “Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.” (QS At Tin : 4).

Sedangkan unsur rohani, “Maka apabila Aku telah menyempurnakan kejadiannya, dan telah meniup kan kedalamnya ruh (ciptaan)-Ku, maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud.” (QS Al Hijr : 29).

Baca juga: 8 Cara Mengembangkan Potensi Diri Agar Lebih Sukses

2. Ilmu mengenal diri sendiri : Mengetahui hakikat penciptaan manusia

Allah mencipatakan manusia untuk beribadah dan mengabdi kepada Allah.

  • “Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia melainkan untuk beribadah kepada-Ku (saja).” (QS. Adz-Dzaariyaat: 56).
  • “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.” Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.” (QS. Al-Baqarah : 30)
  • “Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.” (QS. Adz- Dzaariyat : 56)

3. Ilmu mengenal diri sendiri : Bersyukur kepada Allah

Dengan mensyukuri nikmat yang Allah berikan maka manusia akan mampu menegnal dirinya sendiri dan mengenal Allah-nya.

  • “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS Ibrahim : 7)

Baca juga: Doa Agar Hati Selalu Tenang dan Tentram dalam Hidup

4. Ilmu mengenal diri sendiri : Mengetahui peran dan kedudukan diri

Manusia mengingat peran dan kedudukannya sebagai makhluk ciptaan Allah sebagai khalifah atau pemimpin setidaknya bagi dirinya sendiri.

  • “Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi”. Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui”. (Qs Al Baqarah : 30)

5. Ilmu mengenal diri sendiri : Menyadari tujuan diri setelah mati, surga atau neraka

Manusia harus menyadari tujuan perjalanannya di muka bumi, surga atau neraka.

  • “Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, maka bagi mereka jannah tempat kediaman, sebagai pahala terhadap apa yang mereka kerjakan.Dan adapun orang-orang yang fasik (kafir) maka tempat mereka adalah jahannam. Setiap kali mereka hendak keluar daripadanya, mereka dikembalikan ke dalamnya dan dikatakan kepada mereka: “Rasakanlah siksa neraka yang dahulu kamu mendustakannya.” (QS. As- Sajdah : 19 – 20)

Ilmu Mengenal Diri

Demikian beberapa ilmu mengenal diri sendiri menurut agama Islam. Ilmu mengenal diri sendiri ini sangat penting untuk dilakukan agar hidup menjadi lebih bahagia dan sukses. Dalam hal pekerjaan pun, dibutuhkan sikap mengenal diri sendiri yang meliputi mengenal kemampuan, potensi, bakat, dan ekahlian yang Anda miliki. Dengan begitu Anda akan mudah mencapai kesuksesan. Jika Anda saat ini masih merasa kurang memiliki kemampuan dan strategi jitu dalam bekerja ataupun berbisnis maka sebaiknya Anda segera mengikuti Pelatihan Zona Kaya di Bioenergi Center yang akan membantu Anda dalam memaksimalkan kemampuan yang Anda miliki hingga memperoleh hasil yang maksimal. Dengan begitu, hidup Anda akan menjadi lebih tenang, bahagia, dan sukses.

 

Baca juga: Cara Meningkatkan Potensi Diri, Menjadi Sukses dan Kaya dengan Mudah 

Bagikan:

ARTIKEL TERBARU

Afirmasi magnet uang

Mau tahu cara menyampaikan doa dan afirmasi magnet uang ? Afirmasi magnet uang - Doa merupakan cara berkomunikasi manusia dengan Allah. Dalam ajaran agama Islam, Allah memerintahkan umatnya untuk berdoa. Karena Allah sendiri sudah berjanji akan mengabulkan doa hamba-Nya, seperti yang tampak dalam...