Zona Kaya Cara Mudah Menjadi Kaya :: Cara Menjadi Kaya dan Cara Sukses Berbisnis

Home Artikel 8 Cara Menyelesaikan Masalah dengan Baik Menurut Islam

cara menyelesaikan masalah dengan baik

Mau Tahu Cara menyelesaikan masalah dengan baik menurut Islam?

Cara menyelesaikan masalah dengan baik – Allah memberikan ujian dalam bentuk masalah sebagai bentuk rasa cinta Allah kepada umat-Nya. Bagi seseorang yang memiliki iman, tentunya ia akan menanggapi masalah atau cobaan hidup dengan bijak dan makin mendekatkan diri kepada Allah untuk meminta pertolongan dari-Nya. Namun, tidak sedikit orang yang merasa kecewa, marah, bahkan meninggalkan Allah ketika hidupnya diberi ujian oleh-Nya. Cara menyelesaikan masalah dengan baik menurut islam yaitu dengan meminta petunjuk Allah, mendekatkan diri kepada Allah dengan meningkatkan kualitas ibadah.

cara menyelesaikan masalah dengan baik Ada banyak bentuk masalah dalam hidup, seperti masalah himpitan ekonomi,  masalah karena kehilangan, masalah pada kesehatan berupa penyakit, masalah karena kegagalan rumah tangga atau bisnis, dan sebagainya. Kesemua masalah tersebut bisa diatasi dan hanya ada satu penyembuh atau obat paling musatjab, yaitu kembali pada Sang Khalik. Dalam agama Islam telah diajarkan bagaimana cara menyelesaikan masalah dengan baik menurut jalan Allah. Lalu, seperti apakah cara tersebut?

Baca juga: Bioenergi Center Tempat Konsultasi Masalah Hidup

Berikut ini beberapa cara menyelesaikan masalah dengan baik menurut Islam yang dapat Anda baca melalui firman Allah dalam Alquran maupun melalui sabda Rasulullah di dalam hadist di bawah ini.

1. Cara menyelesaikan masalah dengan baik : BERSABAR

  • “Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas”. QS az-Zumar: 10. Berkata Imam al-Auz’ai: “Balasan bagi orang yang sabar tidak lagi ditimbang, maupun diukur namun langsung di ambilkan tanpa ada batasannya”.

2. Cara menyelesaikan masalah dengan baik : BERISTIGHFAR

  • “Barangsiapa yang banyak mengucapkan istighfar, maka Allah Azza wa jalla menjadikan baginya setiap kesedihan jalan keluar, setiap kesempitan di bukakan pintu keluarnya, dan di beri rizki dari arah yang tidak di sangka-sangka”. (HR Abu Dawud)

Baca juga: Bioenergi Untuk Mengatasi Masalah Hidup Anda

3. Cara menyelesaikan masalah dengan baik : BERDOA KEPADA ALLAH

  • “Ya Allah saya berlindung denganMu dari kesulitan dan kesedihan, dari ketidak mampuan dan kemalasan, dari sikap bakhil dan pengecut, dari terlilit hutang dan di kuasai orang lain”. (HR Muslim no: 1729)

4. Cara menyelesaikan masalah dengan baik : BERTAWAKKAL KEPADA ALLAH

  • “Maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya”. (QS al-‘Imran: 159)
  • “Barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya”. (QS ath-Thalaaq: 3)

5. Cara menyelesaikan masalah dengan baik : BERBUAT BAIK KEPADA SESAMA

  • “Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat ma’ruf, atau mengadakan perdamaian di antara manusia. dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keridhoan Allah, maka kelak Kami memberi kepadanya pahala yang besar”. (QS an-Nisaa’: 114)

6. Cara menyelesaikan masalah dengan baik : BERDZIKIR

  • “Ingatlah, hanya dengan berdzikir kepada Allah-lah hati menjadi tenteram”. QS ar-Ra’du: 28. Seperti berdzikir sebagaimana yang Allah Ta’ala firmankan dalam ayat ini: “Cukuplah Allah menjadi penolong Kami dan Allah adalah Sebaik-baik Pelindung”. (QS al-‘Imran: 173)

Baca juga: Doa Penenang Hati dan Jiwa dari 5 hadits Shahih

7. Cara menyelesaikan masalah dengan baik : MENDIRIKAN SHALAT

  • “Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. dan Sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu”. (QS al-Baqarah: 45)

8. Cara menyelesaikan masalah dengan baik : MELAKUKAN SHALAT ISTIKHAROH

  • “Ya Allah, aku memohon pilihan kepadaMu dengan ilmuMu, aku memohon kemampuan kepadaMu dengan kekuasaanMu, dan aku memohon kepadaMu keutamaanMu yang agung. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui sementara aku tidak mengetahui. Karena Engkau Maha Mengetahui hal-hal yang ghaib. Ya Allah, bila Engkau mengetahui bahwa perkara ini (sebutkan apa yang menjadi persoalannya) lebih baik dalam agamaku, hidupku dan akhir urusanku, maka takdirkanlah hal itu bagiku dan mudahkanlah aku untuk mendapatkanya, kemudian berkatilah aku dalam hal tersebut. Dan apabila Engkau mengetahui bahwa perkara ini tidak baik, dalam agamaku, hidupku dan akhir urusanku, maka jauhkanlah perkara tersebut dariku dan hindarkanlah diriku darinya, lalu takdirkanlah yang baik buat diriku bagaimanapun adanya, kemudian buatlah aku ridha dengannya, tidak ada daya dan kekuatan melainkan dari Allah”. (HR Thabrani dari Ibnu Umar)

cara menyelesaikan masalah dengan baik

Demikian beberapa cara menyelesaikan masalah dengan baik menurut Islam. Alangkah baiknya Anda menerapkan semua cara di atas dalam mengatasi masalah hidup Anda agar terhindar dari berbagai upaya penyelesaian masalah dengan cara yang melenceng dari akidah agama Islam. Dari sekian banyak jenis masalah yang sering dialami oleh umat muslim, masalah ekonomilah yang paling kerap menimbulkan masalah pada bidang kehidupan yang lain. Untuk itulah, masalah tersebut perlu segera diatasi sebelum merembet pada masalah lainnya. Bagi Anda yang saat ini tengah mengalami masalah pada bisnis atau kesulitan finansial, ada baiknya Anda meningkatkan usaha Anda dalam bekerja dengan mengikuti Pelatihan Zona Kaya di Bioenergi Center.  Sebuah Program Pelatihan yang dapat membantu Anda dalam menemukan solusi atas masalah ekonomi, dan masalah hidup yang sedang Anda hadapi. Dengan begitu, hidup Anda lebih berkualitas, lebih tenang, damai, bahagia, dan semakin dekat dengan Allah.

Baca juga: Cara Mengatasi Masalah Karir dan Bisnis, hidup Lebih  Sehat, Sukses, Sejahtera

Bagikan:

ARTIKEL TERBARU

Afirmasi magnet uang

Mau tahu cara menyampaikan doa dan afirmasi magnet uang ? Afirmasi magnet uang - Doa merupakan cara berkomunikasi manusia dengan Allah. Dalam ajaran agama Islam, Allah memerintahkan umatnya untuk berdoa. Karena Allah sendiri sudah berjanji akan mengabulkan doa hamba-Nya, seperti yang tampak dalam...