Zona Kaya Cara Mudah Menjadi Kaya :: Cara Menjadi Kaya dan Cara Sukses Berbisnis

Home Tips Kaya Dan Sukses 5 Cara Menghitung Keuntungan Usaha Agar Target Tercapai

Cara Menghitung Keuntungan Usaha

Mau Tahu Cara Menghitung Keuntungan Usaha?

Cara menghitung keuntungan usaha – Memiliki bisnis yang sukses tentu menjadi keinginan banyak orang. Namun, dalam membangun bisnis hingga menjadi sukses tentu tidak mudah, dan tidak setiap orang mampu melakukannya. Berbagai upaya dibutuhkan agar bisnis yang dikelola dapat menjadi sukses, salah satunya memiliki pengetahuan dalam menghitung keuntungan usaha. Cara Menghitung Keuntungan Usaha dengan tepat sangat penting agar rencana, strategi dan tindakan dapat terkontrol, teranalisa dan target usaha pun tercapai.

Pengetahuan bagaimana cara menghitung keuntungan usaha menjadi modal agar Anda sebagai pelaku bisnis dapat mengetahui seberapa besar keuntungan sekaligus kerugian yang Anda peroleh. Dengan mengetahui cara menghitung keutungan bisnis secara dasar akan membuat Anda mengetahui hal sekecil apa pun yang dapat menyebabkan keuntungan usaha Anda berkurang sekaligus segera mencari solusinya.

Bagi Anda yang saat ini sudah memiliki usaha, namun masih belum mengetahui cara menghitung keuntungan usaha, jangan khawatir karena di bawah ini akan dijelaskan beberapa cara menghitung keuntungan usaha yang perlu Anda lakukan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 4 Usaha UKM yang Sukses dan Memberikan Keuntungan

1. Mengidentifikasi biaya produksi

Cara menghitung keuntungan usaha yang harus kali pertama Anda lakukan adalah dengan mengidentifikasi biaya produksi. Pada tahab awal ini, Anda harus mengidentifikasi biaya produksi, lalu mengitung biaya dari setiap alur pada proses produksi secara detail dna terperinci. Baiya produksi yang dihitung ini berupa biaya tetap (fixed cost) ataupun biaya variabel (variable cost). Biaya tetap ini merupakan biaya yang nominalnya tetap, tidka tergantung dari besar kecilnya kapasitas produksi, misal biaya gaji untuk karyawan, baiya untuk menyewa gedung, dan biaya penyusutan. Sedangkan, biaya variabel ini merupakan pengorbanan sumber ekonomi yang diukur dalam satuan uang yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan.

2. Menyusun laporan laba rugi

Cara menghitung keuntungan usaha pada langkah berikutnya adalah dengan menyusun lapran laba rugi. Laporan ini menyajikan sumber pendapatan dan beban suatu perusahaan selama perode akuntansi. Untuk menghitung laba rugi perusahaan ini dapat menggunakan rumus:

Laba bersih = laba kotor – beban usaha

Laporan laba rugi ini penting Anda lakukan agar Anda dapat menetapkan harga jual produk kepada konsumen. Dari harga jual inilah akan diketahui berapa banyak keuntungan yang dapat Anda peroleh dan dapat cepat balik modal.

Baca juga: 6 Jenis Bisnis Orang Kaya yang Sangat Menjanjikan

3. Menghitung semua biaya harga pokok penjualan

Langkah selanjutnya sebegai cara menghitung keuntungan usaha adalah dengan menghitung harga pokok penjualan. Harga pokok penjualan merupakan hasil perhitungan seluruh biaya yang Anda keluarkan dalam seluruh rangkaian proses produksi hingga sampai ke gudang atau menjadi status persediaan. Berikut ini rumus perhitungan harga pokok penjualan (HPP).

HPP = bahan baku yang digunakan + total produksi (BTKL + Overhead pabrik) + saldo akhir persediaan (saldo awal persediaan –  saldo akhir persediaan).

Dengan mengetahui harga pokok penjualan maka Anda bisa menentukan harga yang pas untuk produk yang Anda jual.

4. Mengidentifikasi saldo persediaan awal dan akhir

Langkah berikutnya yang menjadi cara menghitung keuntungan usaha adalah mengidentifikasi saldopersediaan awal maupun akhir. Pada tahap ini Anda perlu menghitung salo awal persediaan bahan baku yang merupakan total nilai persediaan bahan bak di awal periode yang dihitung (awal bulan untuk bulanan dan awal tahun untuk tahunan). Saldo awal periode yang dihitung sama dengan saldo akhir periode sebelumnya secara global di mana Anda bisa melihat di neraaca. Sedangkan, per jenis bahan baku bisa Anda lihat di buku persediaan dna kartu stok.

5. Menghitung penjualan bersih

Cara menghitung keuntungan usaha yang selanjutnya adalah dengan menghitung penjualan bersih. Penjualan bersih merupakan hasil penjualan kotor (bruto) setelah dikurangi dengan berbagai potongan serta pengurangan lainnya, yaitu total pendapatan penjualan dikurangi berbagai faktor pengurang seperti retur, diskon, dan komisi. Secara lengkapnya, rumus penghitunga penjualan bersih adalah sebagai berikut.

Penjualan bersih = penjualan – retur penjualan dan pengurangan harga – potongan penjualan.

Menghitung laporan pendapatan dan beban sangat penting Anda lakukan untuk mebgetahui apakah usaha yang Anda kelola tersebut menghasilan laba atau tidak, untung ataukah malah rugi.

Baca juga: Cara Meningkatkan Penjualan dengan Bioenergi

Demikian beberapa cara menghitung keuntungan usaha yang perlu Anda lakukan. Jika Anda sudah melakukan semua langkah-langkah di atas, dan diketahui ternyata keuntungan usaha Anda masih belum bagus ataupun meningkat maka sebaiknya Anda segera melakukan upaya agar usaha yang Anda kelola dapat menjadi maju, berkembang, dan semakin sukses dengan mendapatkan keuntungan besar. Untuk itu sebaiknya Anda segera mengikuti Pelatihan Zona Kaya di Bioenergi Center yang akan membantu Anda dalam menemukan solusi ata masalah keuangan bisnis Anda sehingga bisnis Anda tersebut dapat mencapai omset penjualan secara optimal. Dan, Anda pun akan menjadi seorang pebisnis atau pengusaha yang sukses.

Baca juga: Cara Sukses Berbisnis dan Cara Kaya Melalui 360 Pintu Kekayaan

Bagikan:

ARTIKEL TERBARU

Mau tahu kiat sukses bersama pasangan dalam berbisnis? Sukses bersama – Menjadi seseorang yang sukses tentu menjadi harapan semua orang. Untuk mencapai kesuksesan dibutuhkan upaya dalam bekerja ataupun berbisnis. Hal yang biasa jika orang meraih kesuksesannya dengan bekerja di luar rumah dengan...