Zona Kaya Cara Mudah Menjadi Kaya :: Cara Menjadi Kaya dan Cara Sukses Berbisnis

Home Pelatihan Cara Kaya 9 Cara mengatur keuangan usaha kecil dan menengah (UKM)

Mengatur Keuangan Usaha

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedIn

Mengatur keuangan usaha – Sebuah bisnis atau usaha yang maju tentu dapat terlihat dari bagaimana sang pemilik usaha menerapkan manajemen keuangan yang baik. Dengan mengatur keuangan usaha maka Anda bisa meminimalisir kerugian pada usaha Anda dan merencanakan berbagai inovasi dan pengembangan usaha. Manajeman keuangan tidaklah sekadar cara mengelola uang kas. Tetapi lebih luas dari itu, yakni dengan memastikan bagaimana si pemilik usaha mengelola kekayaan yang dimilikinya untuk menghasilkan keuntungan. Dan cara bagaimana ia memanfaatkan sumber-sumber modal untuk membiayai usahanya.

Kepiawaian dalam Mengatur keuangan usaha sangat menentukan manajement secara keseluruhan. Selain itu dengan pengaturan yang bagus pada masalah keuangan operasional usaha menjadi lancar, target usaha dan keuntungan lebih mudah teraih. Mengatur keuanngan usaha seperti halnya keuangan rumah tangga bahkan cakupannya lebih besar, pos-posnya lebih banyak dan masalahnya lebih komplek.

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Nah, bagi Anda yang ingin usaha atau bisnis Anda sukses maka sebaiknya Anda segera memiliki manajemen keuangan yang baik. Berikut ini beberapa prinsip mengatur keuangan usaha yang harus Anda perhatikan untuk memajukan dan mengembangkan usaha Anda menjadi usaha yang menguntungkan. Semoga membantu.

Cara Mengatur Keuangan Usaha (UKM)

1. Disiplin memisahkan uang pribadi dan uang usaha

Cara mengatur keuangan usaha kecil yang pertama adalah dengan memisahkan uang pribadi dengan uang usaha. Hal ini bertujuan agar Anda bisa membedakan pengeluaran pribadi dan usaha sehingga pengeluaran pribadi tidak mengurangi uang usaha. Untuk itu, Anda perlu menyiapkan dua amplop atau dua rekening untuk menyimpan kedua uang Anda tersebut secara terpisah.

2. Komitmen mengelola penggunaan uang usaha

Cara mengatur keuangan usaha kecil yang selanjutnya adalah dengan merencanakan penggunaan uang usaha sebaik mungkin. Anda perlu menyesuaikan perencanaan pengeluaran uang usaha untuk mencapai target penjualan dan penerimaan kas. Anda juga perlu mengevaluasi perencanaan keuangan Anda tersebut dengan melakukan analisa “cost and benefit” untuk memastikan bahwa rencana keuangan benar-benar menguntungkan atau menaikkan ptofit usaha Anda.

3. Menyusun buku pencatatan keuangan

Menyusun buku pencatatan keuangan yang meliputi buku kas masuk (BKM) dan buku kas keluar (BKK) juga menjadi salah satu cara mengatur keuangan usaha dengan baik. Kedua buku tersebut bermanfaat untuk mencatat alur keluar masuknya uang usaha. Anda perlu mencocokan saldo uang ANda secara fisik dengan catatan Anda setiap hari untuk menghindari adanya uang yang terselip.

4. Tingkatkan kemampuan administrasi Anda

Setelah mencatat uang masuk dan keluar setiap hari maka Anda juga wajib meningkatkan kemampuan adminsitrasi Anda karena hal ini juga termasuk cara mengatur keuangan usaha Anda. Pekerjaan administrasi yang harus Anda kerjakan, seperti mencatat penjualan, mencatat biaya-biaya, mencatat saldo hutang-piutang, mencatat aset yang Anda miliki, dan sebagainya.  Anda bisa mengerjakan pekerjaan administrasi ini dengan sistem komputer dan dilengkapi ilmu akuntansi yang memadai sehingga Anda bisa membuat laporan keuangan usaha dalam bentuk neraca laba atau rugi.

5. Mampu menghitung keuntungan dengan tepat

Memiliki kemampuan menghitung keuntungan usaha dengan benar merupakan cara mengatur keuangan usaha yang perlu Anda lakukan. Menghitung keuntungan ini sama artinya Anda dapat menciptakan keuntungan itu sendiri.

6. Memutar arus kas

Memutar arus kas juga menjadi salah satu cara mengatur keuangan usaha. Pastikan alur putaran kas Anda yang meliputi pengelolaan hutang, piutang, dan persediaan berjalan dengan baik, tidak lambat.

7. Mengawasi harta, hutang, dan modal

Memastikan harta kekayaan, hutang, persediaan yang modal masih cukup juga merupakan salah satu cara mengatur keuangan usaha. Dengan adanya pengawasan ini maka akan menjamin keberlangsungan usaha Anda.

8. Menyisihkan keuntungan untuk modal pengembangan usaha

Keuntungan bisnis lebih bijak Anda gunakan sebagai modal pengembangan usaha. Hal ini termasuk juga salah satu cara mengatur keuangan usaha untuk tujuan menjaga kelangsungan bisnis dan mengarahkan investasi bisnis ke bidang-bidang lain yang lebih menguntungkan.

Demikian beberapa cara mengatur keuangan usaha yang perlu Anda lakukan. Jika Anda sudah melakukan beberapa atau semua cara di atas, namun usaha yang Anda miliki belum terlihat keuntungannya maka Anda sebaiknya segera melakukab cara lain, yaitu dengan mengikuti Pelatihan Zona Kaya di Bioenergi Center yang akan membantu Anda dalam mengatur keuangan usaha secara tepat sehingga efektif dalam menaikkan omset atau keutungan penjualan.

Baca juga: Pelatihan Zona Kaya, solusi masalah usaha Anda

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedIn

TESTIMONI PELATIHAN ZONA KAYA

Tips Keluarga Bahagia

Tips Keluarga Bahagia Tips Keluarga Bahagia - Banyak tips keluarga bahagia yang dapat kita temukan dalam artikel media sosial, website konsultasi masalah keluarga, dan sebagainya. Termasuk dari talk show keluarga...

ARTIKEL TERBARU

cita-cita yang bagus untuk masa depan

Mau tau cita-cita yang bagus untuk masa depan? Cita-cita yang bagus untuk masa depan - "Gantungkanlah cita-citamu setinggi mungkin" merupakan salah satu nasehat agar setiap orang memiliki cita-cita setinggi apa pun. Bahkan, sejak kecil sebaiknya cita-cita sudah ditentukan atau dipersiapkan, lalu kemudian kita...