Zona Kaya Cara Mudah Menjadi Kaya :: Cara Menjadi Kaya dan Cara Sukses Berbisnis

Home Solusi Masalah Hutang Cara Mengatasi Hutang Yang Menumpuk Agar Cepat Bebas Hutang

Cara Mengatasi Hutang yang Menumpuk

Mau Tahu Cara Mengatasi Hutang Yang Menumpuk Agar Cepat Bebas Hutang?

Hutang merupakan masalah yang paling sering muncul dan mempengaruhi hidup manusia. Akibat keberadaan hutang ini di satu sisi memicu seseorang untuk lebih kreatif dan produktif agar bisa membayar hutang. Namun di sisi lain hutang ini mengganggu pikiran dan menjadi beban tanggungan. Jika hutang itu menumpuk dalam jumlah yang besar maka masalah yang ditimbulkannya pun jadi semakin beragam. Apabila tidak segera diatasi terkadang menimbulkan terganggunya aktivitas, pekerjaan, juga memicu berbagai masalah. Cara Mengatasi Hutang Yang Menumpuk harus cerdas sehingga hutang dapat terlunasi dengan cepat dan tidak menimbulkan masalah lain yang bahkan bisa mengganggu aktivitas hidup.

Cara Mengatasi Hutang Yang MenumpukTidak sedikit hutang yang justru membuat yang punya hutang menjadi stres karena dililit masalah. Baik masalah yang ditimbulkannya, masalah dalam menyelesaikan hutang itu sendiri bahkan menjadi masalah dalam hidup secara luas. Termasuk mengganggu kekusukan dalan ibadah, keharmonisan dan keluarga dan rumah tangga. Bahkan bisa mengganggu berbagai hubungan dengan orang lain yang selama ini terjalin baik menjadi tmbul prasangka, iri dengki, salah paham dan sebagainya.

Baca juga: 5 Cara Melunasi Hutang dengan Cepat & Bisa Langsung Anda Praktekkan!

Cara mengatasi hutang yang menumpuk agar segera bebas hutang terlebih dahulu harur mencari akar permasalahan dari hutang tersebut. Alasan berhutang, tujuan berhutang termasuk sejauhmana kemampuan kita dalam mengatasi masalah hutang. Seperti dilansir dari https://www.amalan.com/, cara mengatasi hutang yang menumpuk bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

1. Berhenti Membayar dengan Minimum Payment  

Langkah awal yang sering dilakukan oleh mereka yang memiliki utang menumpuk adalah mulai membayar dengan minimum payment. Hal ini biasanya dilakukan karena mereka takut jika sampai dikejar oleh debt collector. Sebetulnya membayar dengan minimum payment bukanlah jalan yang tepat karena Anda tetap tidak dapat menghindari bunga yang tetap berjalan di balik pembayaran tagihan kartu kredit. Hal ini hanya membuat debitur menimbun utang tanpa mengatasi utang merekadan tidak menyelesaikannya.


2. Mulai Membayar dari Utang yang Suku Bunganya Lebih Tinggi

Cara Mengatasi Hutang Yang Menumpuk

Jika masih memiliki dana tabungan atau dana darurat yang tersisa, Anda bisa mulai memberikan prioritas pada utang yang suku bunganya lebih tinggi. Meskipun terkesan sulit di awal, namun saat Anda sudah berhasil melunasi utang dengan suku bunga lebih tinggi biasanya Anda akan lebih ringan untuk melunasi sisa utang dengan suku bunga yang lebih rendah.

Baca juga: 6 Cara Melunasi Hutang yang Menumpuk Secara Islami

3. Mulai Mencari Alternatif Penghasilan Bulanan 

Langkah selanjutnya untuk mengatasi utang yang menumpuk adalah dengan mulai mencari alternatif penghasilan tambahan agar mampu melunasinya. Cara yang paling sering dilakukan saat ini untuk meningkatkan pendapatan adalah dengan menjadi driver UBER. Tidak terbatas pada UBER, Anda pun juga bisa memanfaatkan situs jual beli online dan menjual produk-produk yang kiranya dapat menghasilkan uang tambahan untuk Anda. Alternatif penghasilan bulanan yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan bonus tahunan atau THR yang didapatkan saat hari raya. Dana tambahan yang Anda dapatkan setiap tahun ini hendaknya langsung diprioritaskan untuk mengatasi utang Anda.

4. Perketat Anggaran Belanja

Cara Mengatasi Hutang Yang Menumpuk

Sementara mulai mencoba membayar utang dari yang suku bunganya paling tinggi dan berusaha untuk mencari alternatif penghasilan bulanan, Anda dapat mulai memperketat anggaran belanja untuk mengatasi utang yang menumpuk. Semakin Anda memangkas pengeluaran bulanan berarti semakin banyak dana yang bisa dialokasikan untuk membayar utang. Kesalahpahaman yang sering terjadi adalah dengan langsung memotong pengeluaran secara besar-besaran sampai Anda merasa kaget dan belum terbiasa. Langkah yang tepat adalah mulai dari pengeluaran-pengeluaran minor, misalnya berhenti berlanganan dengan keanggotaan klub olahraga, tv kabel, atau membeli minuman di kedai kopi ternama. Dari sini Anda dapat mulai perlahan-lahan memangkas pengeluaran lain dan memperketat anggaran belanja.

Baca juga: 7 Cara mengelola uang dengan baik agar bebas hutang

5. Konsultasikan dengan Pihak yang Lebih Berpengalaman

Jalan keluar lain yang bisa dimanfaatkan adalah dengan melakukan konsultasi ke pihak yang lebih berpengalaman. Anda bisa memilih konsultan yang memiliki berpengalaman dalam mengelola hutang. konsultan tersebut biasanya lebih memahami strategi mengatasi hutang yang menumpuk. Jika Hutang Anda karena bisnis atau untuk modal usaha Anda sebaiknya Anda juga berkonsultasi dengan Konsultan Bisnis yang tepat. Sehingga Anda bisa mengelola hutang, mendapat manfaat dari hutang Anda, sekaligus menemukan cara mengatasi hutang yang menumpuk dengan tepat sehingga hutang cepat selesai.

Cara Mengatasi Hutang yang Menumpuk

Jika Anda sudah melakukan kelima cara mengatasi Hutang yang menumpuk seperti diatas namun Anda belum juga mendapat solusi terbaik. Anda bisa ikut program pelatihan Zona Kaya dari Bioenergi Center. Sebuah Program pelatihan yang akan memberikan Anda strategi dan solusi bisnis, karir dan hutang serta cara mengatasi masalah hidup dengan cepat. Melalui Zona Kaya Anda akan mendapatkan ilmu bagaimana mengubah hutang menjadi sumber rezeki, dan solusi masalah hutang termasuk masalah hidup secara lengkap dan praktis. Dengan mengambil langkah yang tepat, Anda bisa lebih cepat terbebas dari hutang dan melanjutkan impian meraih kesuksesan dan kebahagiaan dalam hidup.

Baca juga: Cara Mengatasi Hutang dengan Cepat, Hidup Sehat, Sukses, Sejahtera

Bagikan:

ARTIKEL TERBARU

Sukses dalam usaha atau Bisnis

Mentor memegang peranan sangat penting dalam sebuah bisnis atau usaha. Selain sebagai Pensuport, pemberi arahan, pemberi bimbingan juga sebagai tempat bertukar pikiran. Tidak hanya untuk mereka yang sedang ada masalah dengan bisnisnya, namun mereka yang bisnisnya sedang dalam posisi sehat pun