Zona Kaya Cara Mudah Menjadi Kaya :: Cara Menjadi Kaya dan Cara Sukses Berbisnis

Home Cara Menjadi Kaya 7 Cara Ekspor Baju Batik ke Luar Negeri dan Menguntungkan

Cara Eksport Baju

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedIn

Cara ekspor baju – Dunia fashion menjadi salah satu bidang usaha yang banyak mendatangkan keuntungan. Hal ini dikarenakan dunia fashion terus berkembang dengan selalu update model setiap waktu. Dengan kata lain, bisnis fashion ini tidak pernah ada matinya. Salah satu bentuk fashion yang banyak digemari oleh masyarakat luar negeri adalah baju batik sebagai salah satu produk unggulan Indonesia di kancah internasional.  Dan, banyak orang menangkap peluang bisnis ini dengan menjual baju batik tersebut ke berbagai negara tetangga, seperti Jepang, Australia, Amerika, Inggris, dan sebagainya. Agar Cara Ekspor baju Anda lancar dan menguntungkan selain paham teknik dan strategi Anda juga harus berpengalaman dan kuat dalam negosiasi dan baik dalam komunikasi.

Bisnis ekspor baju (fashion) lebih komplek dibanding lokalan, baik dari sisi kualitas produk, komunikasi, teknik dan strategi, pengepakan, pengiriman termasuk birokrasi. Jalur ekspor yang pas dengan produk serta fasilitas pembayaran dan ketersediaan stok sangat penting untuk dipertimbangkan. yang tidak kalah penting juga kemampuan, administrasi dan manajerial yang tinggi serta konsistensi dan paham standar ekspor .

Selain dengan menjaga kualitas produk yang terjamin sehingga tidak mengewakan pelanggan, dengan menekuni bisnis ekspor baju batik ini diyakini dapat mendatangkan banyak keuntungan.  Nah, bagi Anda yang ingin mencoba bisnis menjual baju batik dengan mengekspor langsung ke negara-negara tetangga tapi belum tahu caranya, janganlah cemas karena beberapa informasi berikut ini akan membantu Anda. Berikut ini beberapa cara ekspor baju yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan ingin menekuni bisnis ekspor.

Baca juga: Sukses Bisnis Ekspor Baju ke Luar Negeri

Cara ekspor baju batik ke luar negeri

1. Tingkatkan kualitas

Meningkatkan kualitas produk merupakan cara ekspor baju yang sangat penting Anda perhatikan. Pastikan produk yang akan Anda ekspor adalah produk yang kualitasnya memenuhi standar nasional dan internasional, tidak mudah didapatkan atau memiliki biaya pembuatan yang mahal di luar negeri. Dengan begitu, Anda akan banyak mendapatkan keuntungan dari ekspor ini.

2. Riset negara target

Cara ekspor baju yang pertama kali harus Anda lakukan adalah melakukan riset target negara yang Anda tuju untuk menjual produk baju Anda. Sebelumnya, Anda perlu melakukan riset mengenai tingkat kebutuhan masyaakat luar negeri terhadap produk Anda.

3. Menentukan sistem pembayaran

Cara ekspor baju yang selanjutnya adalah dengan menentukan metode atau sistem pembayaran dari pembeli (buyer) Anda. Jika pembayaran dalam skala kecil, sistem transfer sudah mencukup. Tapi jika pembayaran Anda dalam jumlah besar maka sebaiknya Anda menggunakan L/C atau Letter of Credit.

Baca Juga: 6 Cara memasarkan produk agar laris dan cepat laku

4. Memilih perusahaan cargo

Memilih perusahaan cargo untuk mengirimkan produk Anda ke luar negeri juga menjadi cara ekspor baju yang perlu Anda perhatikan. Jika ekspro Anda masih dalam skala kecil, Anda bisa menggunakan pos atau jasa ekspedisi lainnya. Jika skala ekspor Anda besar, lebih baik Anda menggunakan pengiriman dengan kapal laut karena akan lebih menghemat biaya kirim.

5. Perhatikan ketentuan peraturan pemerintah tentang ekspor

Memperhatikan kebijaksanaan atau ketentuan peratiran pemerintah yang mengatur tentang perdagangan ekspor juga termasuk salah satu cara ekspor baju. Peraturan ini biasanya berbeda dengan peratura pada negara tujuan ekspor Anda.

6. Memiliki pengetahuan yang cukup tentang ekspor

Cara ekspor baju yang selanjutnya adalah melengkapi diri Anda dengan segala pengetahuan tentang eskpor. Misal, mengenai teknis pembiayaan ekspor, urusan kepabeanan, shipping, asuransi, dan sebagainya.

7. Menyiapkan dokumen legalitas ekspor

Cara ekspor baju yang juga sangat penting dilakukan adalah dengan menyiapkan kebutuhan dokumen legalitas untuk keperluan ekspor Anda. Beberapa dokumen yang harus Anda siapkan, meliputi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), dan sebagainya. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan dokumen ekspor lainnya, seperti surat pernyataan mutu, surat keterangan asal, polis asuransi, pemberitahuan ekspor barang, kontrak penjualan, faktur perdagangan, dan lainnya.

Demikian beberapa cara ekspor baju yang perlu Anda ketahui dan lakukan. Jika Anda sudah melakukan beberapa atau semua cara di atas, namun Anda masih saja terhambat untuk berbisnis ekspor baju maka sebaiknya Anda segera melakukan cara yang terakhir, yaitu dengan mengikuti Pelatihan Zona Kaya di Bioenergi Center yang akan membantu sekaligus membimbing Anda dalam mengembangkan bisnis ekspor baju yang sedang Anda lakoni sehingga di masa depan bisnis Anda tersebut dapat mencapai kesuksesan.

Baca juga: Pelatihan Zona Kaya, solusi masalah usaha Anda

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedIn

TESTIMONI PELATIHAN ZONA KAYA

Tips Keluarga Bahagia

Tips Keluarga Bahagia Tips Keluarga Bahagia - Banyak tips keluarga bahagia yang dapat kita temukan dalam artikel media sosial, website konsultasi masalah keluarga, dan sebagainya. Termasuk dari talk show keluarga...

ARTIKEL TERBARU

cita-cita yang bagus untuk masa depan

Mau tau cita-cita yang bagus untuk masa depan? Cita-cita yang bagus untuk masa depan - "Gantungkanlah cita-citamu setinggi mungkin" merupakan salah satu nasehat agar setiap orang memiliki cita-cita setinggi apa pun. Bahkan, sejak kecil sebaiknya cita-cita sudah ditentukan atau dipersiapkan, lalu kemudian kita...