Zona Kaya Cara Mudah Menjadi Kaya :: Cara Menjadi Kaya dan Cara Sukses Berbisnis

Home Pelatihan Cara Kaya 6 Cara budidaya kelapa sawit agar buah melimpah

Budidaya Kelapa Sawit

Mau tahu cara budidaya kelapa sawit agar buah melimpah?

Budidaya kelapa sawit – Kelapa sawit adalah salah satu komoditi unggulan Indonesia. Kelapa sawit yang merupakan salah satu tanaman penghasil minyak sangat bermanfaat dalam berbagai kebutuhan manusia yang diolah dalam berbentuk berbagai olahan, seperti minyak goreng, campuran bahan bakar biodisel, pelumas, campuran cat, dan sebagainya. Dengan banyaknya manfaat kelapa sawit tersebut maka tidak heran jika sekarang ini makin banyak berkembang perkebunan dan pabrik industri kelapa sawit. Baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Budidaya kelapa sawit membutuhkan kesabaran & perlu waktu untuk bisa menghasilkan juga perlu teknik budidaya khusus agar panen melimpah dan berkualitas.

Budidaya Kelapa SawitSeiring dengan tingginya penyerapan minyak sawit oleh masyarakat maka semakin luas pula prospek budidaya kelapa sawit. Meski begitu, budidaya kelapa sawit ini harus dilakukan dengan sistem pengelolaan dan perawatan yang baik dan tepat. Semakin baik pola budidaya kelapa sawit maka secara otomatis tingkat produktivitas hasil kelapa sawit akan semakin baik. Lalu, seperti apa cara budidaya kelapa sawit yang benar?

Baca juga: Tanaman Yang Menguntungkan dan Cepat Panen Serta Luas Pasarnya

Berikut beberapa cara budidaya kelapa sawit yang benar dan tepat. Dengan menerapkan cara-cara di bawah ini, niscaya hasil produksi kelapa sawit Anda akan melimpah dan secara otomatis akan membawa keuntungan besar bagi Anda. Semoga bermanfaat.

1. Pemilihan bibit atau benih yang berkualitas

Cara budidaya kelapa sawit tentu harus diawali dengan proses pemilihan benih atau bibit yang tepat. Dalam proses iini, Anda harus memilih bibit yang benar-benar baik dan berkualitas. Anda bisa memilih dan mendapatkan bibit-bibit kelapa sawit di di toko-toko pertanian.

2. Mempersiapkan lahan perkebunan

Cara budidaya kelapa sawit yang selanjutnya adalah dengan mempersiapkan lahan perkebunan kelapa sawit. Ada beberapa jenis area yang bisa Anda jadikan lahan perkebunan, seperti lahan yang baru dibuka di area hutan primer maupun sekunder, lahan yang ditumbuhi ilalang atau semak belukar, lahan konversi di mana lahan tersebut merupakan lahan yang pernah digunakan untuk perkebunan jenis tanaman yang berbeda.

Baca juga: 5 Kisah Petani Sukses di Indonesia Yang Menginspirasi

3. Proses penanaman kelapa sawit

Setelah dua hal di atas telah siap maka cara budidaya kelapa sawit yang berikutnya adalah proses penanaman kelapa sawit. Proses penanaman ini dilakukan dengan beberapa tahap. Tahap pertama adalah tahap pengajiran, yaitu tahap untuk menentukan jarak tanam antara satu pohon kelapa sawit dengan pohon kelapa sawit lainnya. Pengajiran yang sering digunakan adalah dengan jarak tanam segitiga sama sisi yang berukuran 9x9x9 meter dengan populasi 143 pohon/hektar. Selain itu, ada pola jarak 9,5×9,5×9,5 meter dengan polasi 128 pohon/hektar.

4. Proses perawatan

Proses perawatan yang baik dan tepat sangat menentukan keberhasilan budidaya kelapa sawit. Perawatan ini meliputi perawatan pohon kelapa sawit yang baru saja ditanam hingga masa panen. Perawatan kelapa sawit pada masa awal cenderung membutuhkan perawatan khusus karena lebih mudah mengalami banyak masalah seperti hama, gulma, dan penyakit. Dengan terbebas dari masalah-masalah ini maka dapat dipastikan hasil panen kelapa sawit Anda nanti akan melimpah.

Baca juga: Budidaya Tanaman Hidroponik Bisnis Menguntungkan & Mudah Dilakukan

5. Proses pemupukan

Cara budidaya kelapa sawit yang selanjutnya adalah proses pemupukan. Proses ini dilakukan dilakukan secara bertahap dan sebaiknya menggunakan pupul organik agar hasil buah kelapa sawit bagus dan berkualitas. Selain menggunakan pupuk organis, Anda juga sebaiknya harus rajin menjaga kualitas tanah agar tidak rusak dan mengandung unsur hara yang tetap terjaga dengan baik.

6. Proses panen

Proses panen adalah masa yang ditunggu-tunggu dari serangkaian budidaya kelapa sawit. Pohon kelapa sawit yang layak dipanen adalah ketika pohon sudah berusia 2,5-3 tahun yang ditandai dengan munculnya buah. Agar mendapatkan buah yang berkualitas maka Anda wajib selalu melakukan perawatan dan pemupukan secara rutin dan berkala. Selain itu, Anda juga perlu rajin membersihkan pelepah kelapa sawit agar tidka mengganggu pertumbuhan dan perkembangan buah.

budidaya kelapa sawit

Demikian beberapa cara budidaya kelapa sawit agar sukses dan menguntungkan yang perlu Anda lakukan. Seiring dengan melakukan cara budidaya kelapa sawit di atas, sebaiknya Anda juga meningkatkan kemampuan dalam berbisnis agar hasil perkebunan kelapa sawit Anda mencapai target. Untuk itu, Anda perlu mengikuti Pelatihan Zona Kaya di Bioenergi Center.  Dari Zona Kaya Anda akan menemukan solusi sekaligus strategi dalam menjalankan bisnis kelapa sawit ini sehingga hal ini akan mempermudah Anda dalam mencapai kesuksesan. Dengan begitu, hidup Anda akan menjadi lebih tenang dan bahagia dengan kesuksesan yang berhasil Anda capai dalam menjalankan bisnis perkebunan kelapa sawit.

Baca juga: Cara sukses dan cara kaya dengan memasuki 360 pintu kekayaan

Bagikan:

ARTIKEL TERBARU

Cara Meningkatkan Omset

Inilah Cara Meningkatkan Omset yang Wajib Anda Tahu Akhir-akhir ini para pengusaha retail sedang menghadapi ujian berat. Penjualan mereka turun dari biasanya karena daya beli masyarakat yang menurun. Penurunan omzet usaha menjadi salah satu dampaknya & dirasakan pebisnis dimana-mana. Bahkan perusahaan ritail...