Zona Kaya Cara Mudah Menjadi Kaya :: Cara Menjadi Kaya dan Cara Sukses Berbisnis

Home Tips Kaya Dan Sukses Budidaya Tanaman Hidroponik Bisnis Menguntungkan & Mudah Dilakukan

budidaya tanaman hidroponik

Mau Tahu budidaya tanaman hidroponik Menguntungkan 7 bisa dilakukan di rumah?

Budidaya tanaman hidroponik – Tanaman biasanya ditanam dan tumbuh dengan media tanah. Apakah bisa tanah digantikan dengan media lainnya? Jawabanya, ternyata bisa. Media tanah bisa digantikan dengan media air dan cara menanam dengan media utama air ini biasa disebut dengan teknik hidroponik. Budidaya Tanaman Hidroponik bisa menjadi bisnis yang menjanjikan,  menguntungkan juga mudah dilakukan di rumah meski dengan lahan yang terbatas.

budidaya tanaman hidroponikTeknik hidroponik sebenarnya bisa diaplikasikan pada semua jenis tanaman. Namun, jenis tanaman yang paling mudah ditanam secara hidropnik ini adalah tanaman jenis sayuran daun, seperti sawi, kangkung, pakcoy, seledri, kemangi, dan sebagainya. Namun, sekarang ini juga sudah sangat banyak ditemukan tanaman hidpronik yang bukan jenis sayuran, seperti jagung, cabai, bunga, dan sebagainya. Menanam tanaman secara hidroponik ini tidak membutuhkan area yang sangat luas dan langkah-langkahnya pun sangat mudah dilakukan. Karena itu, banyak orang mulai melirik bercocok tanam di rumah atau pekarangan dengan teknik hidroponik. Lalu, seperti apa cara budidaya tanaman hidroponik ini?

Baca juga: 7 Cara Sukses Bisnis Sayuran Segar yang Prospektif dan Takkenal Musim

Bagi Anda yang tertarik menanam tanaman hidroponik, namun belum paham caranya, Anda tak perlu khawatir karena di bawah ini akan dijelaskan mengenai cara budidaya tanaman hidroponik bagi pemula di rumah ataupun di pekarangan. Dengan memperhatikan langkah-langkah berikut dengan tepat, maka proses menanam tanaman hidroponik ini akan mudah Anda lakukan. Semoga bermanfaat.

1. Siapkan benih tananam hidroponik

Menyiapkan benih tanaman yang akan ditanam adalah langkah pertama budidaya tanaman hidroponik. Bagi pemula, Anda bisa membeli benih tanaman ini di toko pertanian.

2. Semai benih tanaman pada wdah semai yang telah disediakan

Langkah budidaya tanaman hidroponik yang selanjutnya adalah dengan menyemaikan benih tanaman pada wadah semai atau tray. Anda bisa memilih wadah semai yang baik seperti rockwool. Rockwool ini memiliki daya serap air yang tinggi dna juga steril. Rockwool ini juga dapat Anda beli di toko pertanian.

Baca juga: 11 Jalan Menuju Sukses dengan Bisnis Rumahan | Zona Kaya

3. Siapkan media tanam hidroponik

Menyiapkan media tanam hidroponik merupakan langkah budidaya tanaman hidroponik yang selanjutnya. Gunakan media tanam yang poros dengan kriteria: tidak mempengaruhi larutan nutrisi, tidka menyumbat sistem pengairan, dan memiliki pori-pori yang baik. Media tanam ini Anda bisa menggunakan campuran sekam bakar dengan pasir kerikil, campuran rockwool dengan pasir kerikil, atau menggunakan sabut kelapa.

4. Pindahkan bibit tanaman pada media tanam yang telah disediakan

Langkah budidaya tanaman hidroponik yang berikutnya adalah dengan memindahkan bibit ke dalam media tanam yang telah disediakan. Anda boleh memindahkan media tanam ke dalam wadah ini jika benih telah cukup umur. Selanjutnya, pindahkan media tanam pada wadah yang Anda inginkan, seperti pot atau kaleng bekas.

Baca juga: 8 Jenis Bisnis Ibu Rumah Tangga Sukses dan Menguntungkan

5. Berikan nutrisi dengan tepat

Memberikan nutrisi pada tanaman hidroponik adalah langkah budidaya tanaman hidroponik yang selanjutnya. Berikan nutrisi tersebut dengan dilarutkan dalam air dengan jenis dan ukuran nutrisi yang tepat disesuikan dengan jenis tanaman dan jumlah unsur mikro dan makro agar tanaman dapat tumbuh dengan baik.

6. Lakukan perawatan dengan baik

Langkah budidaya tanaman hidroponik yang terakhir adalah dengan merawat tanaman dengan baik. Caranya, dengan melakukan pembersihan gulma, pemangkasan, pengaturan jenis dan dosis nutrisi yang diberikan, dan sebagainya.

budidaya tanaman hidroponik

Demikian beberapa cara atau langkah budidaya tanaman hidroponik bagi pemula. Menanam tanaman hidroponik ini dapat Anda jadikan sebagai lahan bisnis Anda. Caranya yang mudah dan peralatan yang simple akan membuat jenis bisnis ini mudah dilakukan. Dengan mengandalkan area pekarangan rumah dan teknik menanam hidroponik ini maka bisnis ini akan mampu mendatangkan keuntungan yang besar. Jika Anda masih ragu dalam membuka bisnis ini maka Anda perlu mengikuti pelatihan wirausaha yang berkualitas, salah satunya Pelatihan Zona Kaya di Bioenergi Center yang telah terbukti membantu banyak orang sukses dalam menjalani bisnisnya dari awal. Dengan mengikuti pelatihan ini maka Anda akan dibantu dalam mengembangkan kemampuan dan potensi berbisnis Anda secara lengkap sekaligus melatih kemampuan Anda dalam menemukan solusi atas semua masalah bisnis yang Anda hadapi. Dengan bekal kemampuan bisnis inilah akan mempermudah Anda dalam mencapai kesuksesan dalam bisnis apa pun yang Anda tekuni, salah satunta bisnis tanaman hidroponik ini.

Baca juga: Cara sukses Berbisnis dan berkarir dengan Zona Kaya

 

Bagikan:

ARTIKEL TERBARU

Mau tahu kiat sukses bersama pasangan dalam berbisnis? Sukses bersama – Menjadi seseorang yang sukses tentu menjadi harapan semua orang. Untuk mencapai kesuksesan dibutuhkan upaya dalam bekerja ataupun berbisnis. Hal yang biasa jika orang meraih kesuksesannya dengan bekerja di luar rumah dengan...