Zona Kaya Cara Mudah Menjadi Kaya :: Cara Menjadi Kaya dan Cara Sukses Berbisnis

Home Solusi Masalah Hutang 10 Cara Melunasi Hutang Rentenir – Cepat, Tuntas, Tanpa Masalah

cara melunasi hutang rentener cepat tanpa masalah

Cara Melunasi Hutang Rentenir dengan cepat, tuntas, tanpa masalah

Cara Melunasi Hutang –  Apakah Anda memiliki hutang? Apakah Anda ingin tahu cara melunasi hutang dengan

cara melunasi hutang rentener

cara melunasi hutang rentener

cepat? Memiliki hutang sekarang ini sudah menjadi hal biasa, dan bukanlah aib yang perlu disembunyi-bunyikan. Banyak orang memiliki hutang untuk melengkapi kebutuhan hidupnya, seperti untuk menambah modal usaha, kepemilikan properti, kendaraan, melakukan pengobatan, membiayai keperluan pendidikan, dan sebagainya. Ada banyak pihak yang menawarkan hutang, seperti bank, koperasi, dan rentenir. Dan, bagi yang membutuhkan uang dengan waktu cepat dan mudah tentu akan lari ke rentenir. Semua ada untung ruginya. Pinjem ke rentenir bunga nya tinggi dan riba juga tapi masih ada juga orang yang berhutang e rentener karena proses cepat tidak Ribet. Bagi Anda yang sudah terlanjur berhutang dengan rentenir, Anda sebaiknya mencari Cara Menlunasi Hutang Rentenir yang cepat, aman, tuntas tanpa masalah.

Meski rentenir dikenal sebagai orang yang suka meminjamkan uang dengan bunga tinggi, tukang riba, ataupun lintah darat, namun masih banyak juga yang terjebak meminjam uang kepada rentenir. Mereka biasanya orang yang sedang ada masalah keuangan yang sifatnya darurat. Rentenerpun tidak mau meminjamkan uang kepada sembarang orang. Pemimjam biasanya orang yang dianggap bisa dipercaya dan punya keperluan mendesak tapi punya aset yang layak buat jaminan. Memang tidak seribet ketika kita meminjam ke bank atau leasing, namun Anda harus ekstra hati-hati, dengan trik dan tipudaya rentenir. Carilah Cara Melunasi Hutang kepada rentenir dengan cara-cara yang cerdas,  jangan sampai hutang Anda menimbulkan masalah baru.

Bagi Anda yang saat ini sedang bingung, takut, khawatir karena hidup dikejar-kejar akibat berhutang kepada rentenir, Anda sudah tepat membaca artikel ini. Di bawah ini ada beberapa cara melunasi hutang rentenir yang akan membuat Anda lega dan segera terbebas dari ancaman rentenir.

1. Hentikan GLTL (gali lubang, tutup lubang)

Cara melunasi hutang rentenir adalah kuatkan niat untuk tidak jatuh ke hutang lagi. Hentikan gali lubang tutup lubang. Untuk itu, Anda harus rela hidup sederhana dan berhemat, sesuai kemampuan Anda.

2. Negosiasi pemberhentian bunga dan keringanan jatuh tempo pembayaran

Melunasi hutang adalah kewajiban bagi Anda yang memiliki tanggungan hutang. Berapa pun jumlah hutang Anda, mulailah untuk membayar hutang Anda. Sedikit-sedikit pasti lama kelamaan akan lunas juga. Tapi, pastikan Anda hanya membayar hutang pokoknya saja dan usahakan untuk bernegosiasi dengan pihak rentenir agar mereka memberhentikan bunga dan memberikan keringanan jatuh tempo pembayaran hutang. Meski dirasa sulit dan cukup mmustahil, namun Anda perlu mencobanya sebagai salah satu cara melunasi hutang rentenir. Jika rentenir masih memaksa Anda membayar bunga pinjaman, Anda bisa melaporkan kepada pihak RT/RW atau bahkan ke kepolisian.

3. Mintalah jatuh tempo untuk tidak membayar hutang dalam tenggat waktu tertentu

Negosiasikan sistem pembayaran hutang Anda tidak tiap bulan karena dengan pembayaran tiap bulan akan membuat Anda kehilangan modal untuk membayar hutang sehingga Anda akan semakin lama dapat melunasi hutang. Mintalah agar pihak renternir memperbolehkan Anda membayar hutang dalam waktu 3 bulan atau lebih. Dalam waktu 3 bulan itulah Anda dapat mengembangkan bisnis untuk mendapatkan uang lebih banyak sehingga Anda dapat membayar hutang dengan cepat. Hal ini juga menjadi salah satu cara melunasi hutang rentenir yang wajib Anda coba.

4. Mengembangkan usaha untuk melunasi hutang

Pintu surga tidak akan terbuka jika Anda masih meninggalkan hutang di dunia. Jika Anda terbelit hutang rentenir, yakinkan diri Anda bahwa Anda bisa melunasinya. Satu-satunya cara melunasi hutang rentenir adalah dengan memperbesar omset usaha yang sudah Anda miliki. Modal untuk memperbesar usaha yaitu dengan menggunakan uang yang seharusnya dibayarkan kepada renternir sebagai angsuran/cicilan. Uang tersebut dikumpulkan sebagai modal untuk memperbesar usaha agar pendapatan dan keuntungan usaha bertambah. Kemudian, hasil dari usaha itulah yang akan digunakan untuk melunasi hutang.

Baca juga:Cara Mengembangkan Usaha Kecil dengan Mudah

5. Libatkan keluarga

Agar tidak menjadi beban pikiran Anda seorang diri, Anda bisa melibatkan atau meminta bantuan kepada keluarga untuk melunasi hutang Anda. Biasanya keluarga akan membantu Anda agar tidak terlilit hutang dalam waktu lama lagi. Sebagai salah satu cara melunasi hutang, Anda perlu mengendalikan jumlah pengeluaran rumah tangga atau keluarga Anda.

6. Banyak ibadah

Berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa menjadi obat penenang hati yang paling manjur. Bagi umat muslim, Anda bisa membaca doa cara melunasi hutang sesuai ajaran Rasulullah ini sesering mungkin, allahuma inni ‘audzubika minal hammi wal hazan, allahuma inni audzubika minal ajzi wal kasal, allahuma inni audzubika minal jubn wal bukhl, allahuma inni audzubika ghalabati daini wa qohrirrijal.”
Artinya: wahai Allah aku berlindung kepada-Mu dari kegundahan dan kesedihan, dari rasa lemah dan kemalasan, dari kebakhilan dan dan sifat pengecut, dan dari beban hutang dan tekanan orang-orang jahat.

Selain berdoa, Anda coba dianjurkan untuk bertobat atau minta ampun atas praktik atau transaksi riba yang sudah Anda lakukan kepada Tuhan dengan melakukan dzikir astagfirullah dan dzikir yaa fattaah yaa razzaaq (artinya Yang Maha membuka jalan dan memberi rezeki)

Baca juga: Amalan Cepat Kaya dan Sukses dengan Cara Mudah

7. Banyak bersedekah

Sedekah kepada sesama yang membutuhkan adalah salah satu cara melunasi hutang. Jika Anda tidak bisa bersedekah dengan uang, Anda masih bisa bersedekah dengan ilmu ataupun tenaga yang Anda miliki. Bersedekahlah dengan niat yang tulus dan ikhlas, lalu percayalah bahwa Anda akan segera terbebas dari hutang dan rezeki akan mengalir lancar kepada Anda.

8. Selalu bersyukur

Gantilah kebiasaan Anda mengeluh dengan kebiasaan mengucap syukur kepada Tuhan. Ucapan syukur ini juga dipercaya sebagai salah satu cara melunasi hutang. Dengan banyak bersyukur maka apa yang Anda harapkan akan terwujud, bahkan melebihi dari apa yanga Anda harapkan.

9. Hadapi rentenir dengan berani

Jangan pernah takut pada tindakan curang para rentenir. Sikap berani ini dibutuhkan untuk melengkapi cara melunasi hutang rentenir yang sedang Anda lakukan. Jika hutang Anda sudah lunas maka Anda harus berani melawan untuk tidak membayar hutang lagi. Umumnya para rentenir akan mengancam, meneror, bahkan berbuat kekerasan. Jangan takut akan sikap mereka karena bisanya mereka hanya menggertak saja agar Anda takut dan terpaksa membayar hutang. Mereka biasanya tidak berani melakukan tindak kekerasan karena tidak mau berurusan dengan polisi, tidak ingin praktiknya terbukti ilegal, lalu terancam dibubarkan.

10. Minta pendampingan kepada pihak yang paham menangani kasus rentenir

Bagi Anda yang buta akan hukum dan aturan hutang maka Anda bisa meminta bantuan kepada mereka yang mengerti akan kasus rentenir, kasus pemerasan, dan kasus hukum lainnya. Hal ini sebagai salah satu cara melunasi hutang rentenir yang penting Anda lakukan agar urusan hutang Anda cepat terselesaikan.

Demikian cara melunasi hutang rentenir yang perlu Anda coba. Jika semua cara melunasi hutang rentenir di atas sudah Anda coba semua, namun hutang rentenir belum terlunasi juga, ada baiknya Anda melakukan cara yang ke-11, yaitu dengan mengikuti Pelatihan Zona Kaya di Bioenergi Center yang akan membantu Anda segera terbebas dari keluhan hutang sehingga hidup Anda menjadi lebih tenang, tentram, dan bahagia.

Baca juga: Cara menjadi kaya dengan memasuki 360 pintu kekayaan dengan Pelatihan Zona Kaya

 

 

Bagikan:

ARTIKEL TERBARU

Langkah-langkah berwirausaha

Mau tahu langkah-langkah berwirausaha agar cepat sukses? Langkah-langkah berwirausaha – Berwirausaha menjadi salah satu pilihan banyak orang untuk mendatangkan penghasilan. Namun, pilihan wirausaha ini ternyata belum banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia. Hal ini terlihat dari tingkat pertumbuhan wirausaha di Indonesia cenderung lebih...